Bingung duit buat apaan

Permisi gan… ane butuh ide neh, kebetulan dapet modal lumayan
buat info:
– modal Rp. 200.000.000,-
– domisili jakarta

mohon bantuan ide dan planningnnya (SWOT, dst.) sekalian
terima kasih….

Jawabanya adalah ….

Manteb dah kl $ segitu, bisa buka usaha yg mayan tu gan. Kl gw si, ngikutin apa yg dikatakan Tsun Zu “Kenali Dirimu Kenali Musuhmu, 100x pertempuran 100x kemenangan”. Penjabarannya kira2 kayak gini (ini menurut gw loh….sori kalo salah…. )
1. Minat : Dimana minat agan untuk buka usaha? Apa skill yg agan miliki? Apa hobi/kesenangan yg agan miliki? Bisakah kesenangan itu menghasilkan $? Atau minimal membuat hati ini senang? Ingat gan, bisnis tu bukan semata $ aja. Yg lebih penting itu kepuasan pribadi org yg menjalankan bisnis. Percuma aja punya $ bnyk tp ujung2nye males ngurus bisnis, yg ada agan malah ditipu kanan kiri sm temen bisnisnya.

2. Lokasi : Dimana lokasi usaha yg akan dipilih? Strategis? Kalaupun tidak mendapat tempat yg strategis bisakah bisnis ini dijalankan secara mobile (misal jual beli vocer hp)? Lebih bagus mana ada tempat atau tidak? Keadaan sekitar mendukung ga? Bnyk Premankah yg berkeliaran di sana? Keamanan gimana?

3. Pelanggan : Mempertahankan 1 pelanggan yg loyal jauh lebih berharga daripada mencari 100 pelanggan baru, ini yg harus agan camkan. Krna 1 pelanggan loyal bisa membawa 100 pelanggan baru tanpa ada biaya promosi. Tinggal pinter2nya agan aja mengelola pelanggan yg beragam sifat dan kebutuhannya.

4. Adaptasi : Kalo liat tulisan “adaptasi” jd inget BORG, spesies alien di Star Trek. Ni makhluk jadi salah satu musuh besar di pilem ini. Kalem2 tp ngancurin mn kapalnya bisa beradaptasi dan menjadi kebal terhadap tembakan musuh lagi. Seharusnya agan juga mesti begitu, jgn cepet menyerah, cobalah beradaptasi. Jgn cepat menyalahkan keadaan, tapi ANALISA dimana kesalahan agan. Sekali 2x gagal gpp, tp teruslah beradaptasi. Ciptakan terobosan2 baru yg kira2 blm pernah terpikirkan pesaing2 agan sebelumnya. Bnykin bc buku dan sering2 liat berita yg ada di media massa ato internet pasti agan nemu ide gila bin ajaib dr situ.

5. Pesaing : Nah ini salah satu “musuh” yg akan agan hadapi, ketika kita mulai sukses akan bnyk org yg masuk menjalankan bisnis yg sama dengan ide dan tampilan yg mirip bhkn bisa lebih “wah” dr yg agan miliki. Biasanya ketika pesaing mulai masuk, pemain lama akan pasang harga diskon biar pelanggan ga kabur, kl di biarin lama2 akan terjadi perang harga yg akan mempercepat kematian bisnis agan. Knp ga mencoba mempertahankan kualitas , memperbaiki mutu pelayanan, dan kl org marketing bilang coba bikin “Moment Of Truth” yg berkesan di benak pelanggan. Segelas air dingin mungkin tidak akan memakan biaya yg bnyk, namun bagi pelanggan air tersebut menjadi salah satu kejutan tersendiri setelah ia menempuh perjalanan ke tempat usaha agan, jika kesan pertama saja sudah baik maka selanjutnya tinggal agan olah biar konsumen itu mendapatkan pelayanan/brg yg terbaik sesuai dengan $ yg dikeluarkannya. Bukannya cr ini jauh lebih baik drpd perang harga?

6. Karyawan : Ini juga bisa jd “musuh dalam selimut” dlm bisnis agan. Karyawan itu bukan robot atau komputer yg bisa kita program semau kita. Harus ada pelatihan, pengawasan dan juga penyemangat agar ia bekerja sesuai dengan visi dan misi yg agan kehendaki. Salah/ lalai mengelola karyawan… siap2 aja tu karyawan akan menghancurkan bisnis agan baik di sadari atau tidak oleh karyawan itu sendiri.

Gw ada pengalaman begini : Waktu itu pulsa hp dh mo abies, dan kbtulan di tempat itu bnyk yg jual vocer, biasanya sih gw beli di tempat langganan yg ada di daerah itu tp berhubung tutup, jadinya gw beli vocer di konter sebelahnya. Dan yg gw dapatkan adalah pelayanan yg sangat buruk. Udah vocernya mahal2 eh yg jual pasang muka perang ma gw, abis terima $ dia langsung membelakangi gw langsung nonton tipi yg ada di konter tsb. Ok lah urusan gw dah selesai, tp apa di benak tu org ga terbersit sedikitpun bhwa mungkin aja gw tertarik dengan brg2 yg dipajang di situ? Atau bisakah dia nontonnya nanti aja setelah gw pergi? Gw merasa di cuekin gan, habis itu gue janji sm diri sendiri ga bakal pernah beli vocer di tempat itu lagi bhkn kl perlu di daerah itu lagi.

Jadi bisa agan liat kan betapa “Moment Of Truth” yg buruk + karyawan yg pelayanannya amburadul bisa menghancurkan bisnis? Bagaimana kl konsumen itu menyebarkan berita ga enak ttg bisnis agan gr2 karyawan yg bersikap tidak ramah thd konsumen? Berapa bnyk teman yg konsumen itu miliki? 10, 100? Lalu temannya konsumen itu menyebarkan ke temannya lagi, bisa di bayangkan berapa konsumen yg hilang hanya gr2 pelayanan buruk dr seorang karyawan yg mungkin hanya 5 menit saja melayani seorang konsumen yg kecewa?

Wew… ternyata gw nulis segini bnyk, mudah2an bermanfaat bg agan yg skrg mo mengembangkan bisnis br.

source : kaskus.us

Tag:, ,

About admin

just an ordinary people who will shake the world with khilafah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: