Ironis Pencuri Quran Divonis 6 Bulan dan Polisi Nyabu 2 Bulan

detik.com, Bandung – Vonis 6 bulan terhadap Lili Amalia (33), pelaku pencurian Quran dinilai ironis. Sebab, sebelumnya PN Bandung hanya menghukum 2 bulan 20 hari, tiga brigadir polisi yang terbukti nyabu.

“Ini ironi penegakan hukum,” ujar Pengamat Hukum dari Unpar Asep Warlan Yusuf kepada detikbandung melalui telepon, Rabu (13/1/2010).

Menurut Asep, seharusnya hakim bukan semata-mata corong undang-undang. Hakim tak boleh mengenyampingkan nilai keadilan di tengah masyarakat. Hakim menurutnya, harus progresif dan responsif.

“Pencurian memang salah, tapi harus dilihat juga apa alasan pelaku melakukannya, bagaimana mencurinya, apa yang dicurinya. Jangan hanya melihat akibat dari hukumnya, tapi hakim harus pakai hati nurani juga. Hakim harus tahu hukuman apa yang pantas dikenakan pada pelaku,” tandasnya.

Lebih rendahnya vonis tiga polisi yang nyabu dibandingkan kasus Lili yang mencuri Quran, menurutnya sangat ironis. “Perbuatan nyabu pasti dilakukan dengan sadar, dan harusnya vonisnya lebih berat agar ada efek jera. Apalagi ini dilakukan oleh aparat negara,” katanya.

PN Bandung menvonis Lili 6 bulan kurungan karena terbukti mencuri beberapa buku dan Quran milik Masjid Baitul Ruhiyat, di Komplek Bahagia Permai, Buahbatu, Bandung.

Buku-buku yang dicuri tersebut antara lain, Ensiklopedia Alquran, Syaamil Al Quran, Terjemahan Nailul Authar, Tafsir Alquran al Karim, Ringkas Hadist Shahi Al Bukhori, buku Musa VS firaun, buku Tokoh-tokoh yang diabadikan Alquran, Bulughul Maram, Tafsir Fi Zhilalil Quran.

Namun pengurus masjid keburu memergokinya, sehingga buku dan Quran itu tak jadi dibawa. Kepada polisi, Lili mengaku melakukan pencurian pertamanya itu karena terdesak kebutuhan.

Sebulan sebelumnya, tepatnya 15 Desember 2009, PN Bandung hanya menghukum tiga polisi berpangkat brigadir 2 bulan 20 hari. Mereka terbukti nyabu di asrama polisi pada 29 September 2009.

Tag:, , ,

About admin

just an ordinary people who will shake the world with khilafah

One response to “Ironis Pencuri Quran Divonis 6 Bulan dan Polisi Nyabu 2 Bulan”

  1. F4iz says :

    Begitulah negeri yang mengaku dirinya negara hukum. Menyedihkan sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: