Tentang Habbatussauda

kebun-habbatussauda-5Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Habbatussauda atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan jintan hitam adalah salah satu resep pengobatan Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana sabda beliau:

“Gunakanlah oleh kamu Habbatus sauda’ ini, karena sesungguhnya ia adalah penyembuh bagi segala penyakit, kecuali ‘as sam’ atau maut” (HR. Bukhari & Muslim)

“Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.” (HR. Muslim).

Kandungan Habbatussauda
Habbatussauda mengandung berbagai zat, antara lain asam amino,Kalsium, Zat Besi, Sodium dan Potassium yang berperan penting dalam membantu peran Enzim. Ia juga mengandung Asam Lemak, terutama Asam Lemak Esensial tak jenuh (Asam Linoleic dan Linolenic). Asam Lemak Esensial terdiri dari Asam Alfa-Linolenic (Omega-3) dan Asam Linoleic (Omega-6).

Manfaat Habbatussauda
1. Menguatkan sistem kekebalan
2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
3. Anti histamine dan anti alergi
4. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
5. Melancarkan air susu ibu
6. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan.
7. Sebagai anti kanker dan anti virus
8. Anti inflamasi, mengobati perih dan radang tenggorokan.
9. Anti Artritis, mengobati reumatik.

Secara umum habbatussauda dapat dikonsumsi oleh semua orang mulai dari anak balita sampai dengan orang tua. Dan tidak ada syarat atau pantangan dalam mengkonsumsi herbal ini. Sampai sekarang tidak pernah ada laporan efek samping pengunaan habbatussauda jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Tetapi secara umum dalam mengkonsumsi herbal juga tidak boleh berlebihan, tetapi harus sesuai dengan dosis dan aturan serta indikasi penyakit. Dosis mengkonsumsi habbaussauda biasanya disesuaikan dengan umur dan berat ringannya penyakit serta jenis sediaan habbatussauda dan proses pengolahannya. Biasanya pada anak – anak dosis minum mulai dari 2-3 x ½ – 1 kapsul atau 2-3 x ½ – 1 sendok teh (untuk sediaan minyak), sedangkan dosis orang dewasa 3 x 2 – 5 kapsul, atau 3 x 1-2 sendok (untuk sediaan minyak). Untuk pencegahan konsumsi habbatussauda cukup ½ – 1 kapsul pada anak – anak, dan 1-2 kapsul pada dewasa.
Habbatussauda bersifat sebagai antivirus, jadi insyaallah bisa digunakan untuk membantu mengobati penyakit hepatitis, tetapi sebaiknya pengobatan ini dibantu dengan herba lainya untuk mendapatkan hasil optimal, antara lain temulawak, meniran dan sambiloto.

Wassalam.

Tag:

About admin

just an ordinary people who will shake the world with khilafah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: