Kenali Penyebab Gatal-gatal pada Kulit

Jangan Dibiarkan, karena Bisa Menjadi Borok

GATAL-gatal merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat. Itu terbukti, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Jambi, gatal-gatal masuk dalam kelompok lima besar penyakit yang banyak diderita pasien yang berobat di puskesmas. Meski sering dianggap remeh, namun gatal-gatal jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi sekunder pada kulit.

Menurut dr Cici Lia Novita, gatal-gatal merupakan penyakit umum yang banyak diderita masyarakat. Apalagi, di musim hujan saat ini. Biasanya, gatal-gatal ini dibedakan berdasarkan penyebabnya. “Karena penanganan penyakit gatal-gatal ini berbeda, tergantung penyebabnya apa,” ujarnya saat ditemui di Puskesmas Tanjung Pinang, kemarin.
Ia menjelaskan, gatal-gatal dibagi dalam kelompok berdasarkan penyebabnya, ada yang disebabkan alergi, ada karena bakteri, jamur, virus dan parasit. Melihat bentuk gatal-gatal pada kulit, biasanya bisa langsung diketahui penyebabnya. “Sekilas dari bentuknya, langsung bisa diketahui,” terang alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gajahmada ini.

Jika penyebabnya alergi, maka dengan menghentikan dan menghindari benda alergan, maka akan sembuh dengan sendirinya. Kecuali, jika gatal-gatal tersebut terus digaruk sehingga menimbulkan infeksi sekunder. Jika sudah begini, kata dr Cici, maka harus dilakukan pengobatan. “Kalau sudah infeksi, infeksinya yang diobati, kalau pencegahanya, benda alergan harus dijauhi, bisa dingin, panas, debu dan lainnya,” paparnya.

Pada gatal-gatal yang disebabkan bakteri, awalnya biasanya berupa lesi berisi cairan, karena sering digaruk kemudian masuk bakteri sehingga menyebabkan terjadinya koreng. Ciri-cirinya, koreng biasanya ada nanah yang warnanya kehijauan. “Kuku bisa membuat luka dan sering membawa kuman. Kalau menggaruk gunakan saja ujung jari,”ujarnya.

Dalam kondisi yang seperti ini, perawatan yang kurang baik, misalnya terus digaruk sehingga carian tumpah ke daerah kulit lainnya, maka akan menyebar ke daerah kulit lainnya. “Sehingga jadinya tambah banyak, maka disarankan untuk tidak dipecahkan, jika ia pecah sendiri, sebaiknya dibersihkan. Karena jika tidak, bisa nyebar dan tumbuh nanah baru lagi,” terangnya.

Sementara itu, jika penyebabnya jamur, letaknya biasanya berada di daerah lipatan kulit seperti paha, tangan, perut, dan daerah kulitnya. Biasanya, jika disebabkan jamur, rasa gatal lebih terasa dan sulit tertahankan. “Di antara yang paling gatal biasanya karena jamur,” ujarnya.

Bentuknya sendiri, kata dr Cici, adalah kemerahan pada kulit, basah. Karena efeknya yang sangat gatal sehingga penderita sulit untuk menahan untuk tidak menggaruknya sehingga sering menimbulkan infeksi sekunder.

Adapun kelainan kulit yang disebabkan jamur seperti panu, kadas, kurap dan merah bulat. Mengenai pengobatannya, biasanya hanya diberikan obat antigatal dan antijamur. Bisa dalam bentuk salep maupun oral. “Jika belum infeksi, cukup dengan salep akan sembuh dan terus menjaga kebersihan kulit,” ujarnya.

Ada juga gatal-gatal yang disebabkan virus. Masuknya virus ke dalam tubuh dikarenakan daya tahan tubuh menurun. Bentuknya sendiri berupa bintik berisi cairan tapi bening. Biasanya tidak terlalu menimbulkan rasa gatal, tapi pedih. Misalnya sakit cacar dan herpes.

Terakhir, ada juga yang disebabkan karena parasit. Rasa gatal muncul pada malam hari. Di mana, rasa yang ditimbulkan seperti ada kutu kecil-kecil yang berjalan di atas tubuh. “Rasanya sangat gatal, mirip keringat malam,” ujarnya.(*)

Selalu Menjaga Kebersihan Kulit Tubuh

SELALU menjaga kebersihan kulit merupakan salah satu cara mencegah timbulnya gatal-gatal pada kulit. Jika timbul gejala gatal pada kulit, sebaiknya bisa menahan diri untuk tidak menggaruknya. Karena pada saat terjadi luka akibat garukan kuku, di sinilah awalnya masuknya kuman penyakit.

Menurut dr Cici Lia Novita, salah satu yang menyebabkan terjadinya infeksi kulit adalah karena penderita tidak bisa menahan diri untuk menggaruk kulit yang gatal. Makanya, jangan heran, jika bekas gigitan serangga pun bisa menjadi koreng yang besar. “Karena pada saat luka dan kondisi kulit tidak bersih, bakteri masuk, inilah yang kemudian menjadi koreng,” ujarnya.

Begitu juga bagi seseorang yang suka berkeringat. Kulit yang lembab terutama pada daerah lipatan kulit akan mudah didatangi jamur. Sehingga muncul efek sangat gatal pada kulit. “Dan ini memang sulit ditahan, maka segera berikan salep antigatal dan antijamur sehingga tidak keterusan untuk menggaruknya,” ujarnya.

Malah, disarankan bagi yang suka berkeringat untuk sering mengganti baju. Minimal menggunakan bahan pakaian yang menyerap keringat. Sehingga tidak membuat kulit lembab. “Yang tidak kalah penting adalah, mandi secara rutin, minimal dua kali sehari, sehingga kulit bisa bersih,” paparnya.

Jika muncul gejala gatal yang terus menyebar dan menimbulkan infeksi kulit, sebaiknya untuk tidak dibiarkan. Segera lakukan pemeriksaan sehingga bisa diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

Karena ada beberapa kasus yang ditemukan bahwa hanya karena gatal-gatal yang dibiarkan menyebabkan munculnya borok besar pada kulit. Malah ada yang menjadi selulitis. Jika sudah terjadi selulitis, biasanya penanganannya harus dengan tindakan bedah. Jika bakteri yang berkumpul pada borok menembus pembuluh darah bisa menyebabkan septikimia. “Darah keracunan bakteri, ini bisa mengakibatkan kematian,” ujarnya.

————————————————————————————————

Kategori Penyakit Kulit

Medicastore > Kategori Penyakit > Penyakit kulit

• Gatal dan Ruam Noninfeksi
– Dermatitis Kontak
– Dermatitis Kronis Pada Tangan & Kaki
– Dermatitis Atopik (Eksim)
– Dermatitis Seboreik
– Dermatitis Numuler
– Dermatitis Herpetiformis
– Gatal-gatal
– Keratosis Pilaris
– Psoriasis
– Pitiriasis Rosea
– Liken Planus
– Dermatitis Eksfoliatif Generalisata
– Dermatitis Stasis
– Neurodermatitis (Dermatitis Garukan Terlokalisir, Liken Simpleks Kronis)
– Drug Rashes
– Eritema Multiformis
– Granuloma Annuler
– Rosaea
– Dermatitis Perioral
– Jenis-Jenis Psoriasis

• Kelainan kelenjar minyak
– Jerawat
– Lipedema

• Kelainan Rambut
– Hirsutisme (rambut berebihan)
– Kebotakan (alopesia)
– Psedofolikulitis Barbae
– Bulu/Rambut Tubuh Berlebihan (Excessive Hairiness)
– Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

• Infeksi Parasit
– Skabies (infeksi tungau)
– Infestasi Kutu (Pedikulosis)
– Creeping Eruption (Migrasi Larva Kutaneus)

• Infeksi Jamur
– Kadas / Kurap
– Kandidiasis (Moniliasis)
– Tinea Versikolor (panu)

• Kanker Kulit
– Karsinoma Sel Basal
– Karsinoma Sel Skuamosa
– Melanoma
– Sarkoma Kaposi (kanker pembuluh darah kulit)
– Penyakit Paget

• Pertumbuhan Jinak
– Dermatofibroma (tumor kulit jinak)
– Tumor kulit jinak Keratoakantoma
– Tahi Lalat (Nevi)
– Tahi Lalat Atipik (Nevi Displastik)
– Skin Tags
– Lipoma (tumor kulit jinak endapan lemak)
– Angioma (tumor jinak pembukuh darah/pembuluh getah bening)
– Granuloma Piogenik
– Keratosis Seboroik (tumor jinak kulit luar)
– Keloid (keloidosis)
– Kapalan & Kutil
– Kista Sebasea (Kista Keratinosa)
– Kista Epidermis (Epidermal Cysts)

• Infeksi Bakteri
– Selulitis
– Fasitis Nekrotisasi
– Abses Kulit (Abses Kutaneus)
– Impetigo
– Follikulitis, Bisul & Karbunkel
– Erisipelas
– Selulitis
– Sindroma Kulit Terbakar Karena Stafilokokus
– Eritrasma
– Infeksi Kulit Necrotizing
– Lymphadenitis
– Lymphangitis

• Kelainan Kulit Permukaan
– Kulit Kering

• Kelainan Pigmentasi
– Albinisme (albino)
– Vitiligo
– Melasma (Chloasma, Topeng Kehamilan)

• Gatal dan Ruam Noninfeksi
– Nekrolisis Epidermal Toksika
– Eritema Nodosum
– Ulkus Dekubitus (Bedsores)

• Kelainan Keringat
– Biang Keringat
– Keringat Berlebihan (Hiperhidrosis)
– Kurang Berkeringat

• Infeksi Virus
– Kutil (Veruka)
– Molluskum Kontagiosum

• Gangguan Kulit Lain
– Pemfigus
– Bulosa Pemfigoid

• Penyakit Kuku
– Paronikia
– Onikomikosis
– Tumor Pada Kuku
– Biologi Kuku
– Kelainan Bentuk dan Perubahan Warna Kuku
– Trauma
– Infeksi Pada Kuku
– Paronychia Kronis
– Sindrom Kuku Hijau
– Verruca vulgaris pada kuku
– Kuku Jari Kaki yang Tumbuh ke Dalam

• Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari
– Sinar Matahari & Kerusakan Kulit
– Kerusakan Kulit akibat Sinar Matahari
– Luka Bakar Matahari (Sunburn)
– Reaksi Fotosensitivitas

• Pemeriksaan Medis

http://medicastore.com/penyakit_subkategori/14/index.html

————————————————————————————————-

Tips Mengatasi Penyakit Gatal

Penyakit Gatal-gatal (Pruritus) adalah suatu perasaan yang secara otomatis membuat tangan melakukan penggarukan.Kegiatan penggarukan yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Jangan anda kira jika anda menggaruk kulit yang gatal, maka rasa gatal tersebut akan hilang. Penggarukan secara terus menerus pada kulit bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal dan bahkan jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya jaringan parut dan penebalan pada kulit sehingga terkadang membentuk bentol-bentol yang berisi pada kulit yang gatal tersebut.

Penyebab Gatal bisa bermacam-macam. Bisa disebabkan oleh suatu penyakit kulit maupun penyakit sistemik, dan bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti karena gigitan serangga, kaligata, dermatitik atopik,dermatitis kontak, dermatitis alergika dan infestasi parasit seperti skabies dan pedikulosis.

Selain sebab di atas, gatal-gatal juga dapat terjadi karena alergi dan juga kontak dengan bahan pakaian tertentu seperti wol dan sebagainya. Cuaca yang panas juga bisa menyebabkan gatl-gatal terutama pada daerah lembab seperti selangkangan karena banyaknya keringat.

Untuk mengatasi penyakit gatal maka kita perlu mengetahui penyebab dari gatal-gatal tersebut untuk kemudian dilakukan tindakan pengobatan.Dengan diketahuinya sebab penyakit gatal, maka bisa diberikan jenis pengobatan yang tepat. Jika kulit meradang, bisanya diberikan krim atau lotion pelembab yang tidak berbau dan berwarna, sebab pewarna atau aroma tambahan bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal.

Untuk krim, bisa juga diberikan Krim corticosteroid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan gatal-gatal, hanya digunakan jika gatal-gatal terbatas pada suatu daerah yang kecil.Selain itu dapat juga memberikan obat yang mengandung mentol, kamper, kamomil, eukaliptus dan kalamin.

Untuk obat yang diminum bisa menggunakan Antihistamin (misalnya hydroxizin dan diphenhydramine) bisa membantu mengurangi gatal-gatal, tetapi obat ini menyebabkan kantuk. Untuk Antihistamin biasanya tidak diberikan dalam bentuk olesan langsung ke kulit karena bisa menyebabkan reaksi alergi.

http://www.dechacare.com/Tips-Mengatasi-Penyakit-Gatal-Gatal-I897.html

———————————————————————————————–

 Penyakit gatal reaksi yang terjadi pada kulit akibat terserang gigitan serangga atau jamur. Akibat yang kedua dapat menyerang kulit, terutama pada bagian yang tersembunyi, seperti mulut, lengan, kemaluan, ketiak, sela-sela jari tangan dan kaki, lipatan paha, selangkangan dan tempat-tempat yang lembab lainnya.

Tentu saja jika terkena gatal di kulit, kematian sih tidak tapi penderitaan yang akan terjadi. Adakah obat tradisional untuk itu?

Kami mengumpulkan beberapa ramuan tradisonal untuk gatal di kulit, silahkan dilihat dan pilih salah satu dari apa yang ada di bawah ini :

Ramuan Obat Herbal Gatal gatal 1:
Kulit Labu Bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 2:
1-2 lembar daun Biduri dicuci bersih, permukaannya dioleskan dengan minyak Kelapa, lalu layukan diatas api.
Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 3 :
Seluruh tanaman Leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional Gatal gatal 4 :
Cuci bersih 20 gram batang dan daun Kentut segar, lalu digiling halus.
Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Herbal Gatal gatal 5:
Cuci bersih 1 lembar daun Keji Beling segar. Gosokkan di bagian yang gatal sampai daun hancur dan mengeluarkan air.
Pemakaian : 2 kali setelah berselang 2 jam.
Cuci bersih daun Mimba, lalu remas-remas hingga hancur.
Pemakaian : balurkan pada bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional Gatal 6:
15 gram Temu hitam, 15 gram Temu kunci, dan 15 gram Kunyit dihaluskan, kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

http://www.ramuantradisional.com/2011/12/berbagai-ramuan-obat-gatal-kulit.html

————————————————————————————————

Cara Menghilangkan Gatal Kulit

Rasa gatal pada kulit bisa di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain gigitan serangga, alergi, obat-obatan dan sebagainya. Namun mayoritas penyakit gatal-gatal disebabkan oleh alergi dan jamur.

Rasa gatal yang di akibatkan oleh alergi berhubungan dengan darah, jika di visualisasikan darah orang yang menderita alergi, molekul darahnya menggumpal. Penggumpalan ini yang menyebabkan hipesensitif terhadap “benda asing” atau lingkungan yang dianggap “asing”.

Anda harus tahu apa pencetusnya, apakah dari makanan tertentu, suhu atau keadaan lingkungan sekitar anda. Jika anda sudah mengetahuinya, sebaiknya untuk sementara di hindari.

Lalu bagaimana cara menghilangkan gatal pada kulit ?….Untuk mengobati rasa gatal akibat alergi, anda bisa menggunakan cara alami berikut ini, namun perlu di catat obat tradisional biasanya bekerja tidak instan, anda harus mengkonsumsi atau menggunakannya secara rutin.

Obat Gatal Alami yang Dikonsumsi

1.      Daun Pepaya

2.      Pare

3.      Rebusan daun jambu

4.  Bratawali, obat tradisional ini sangat ampuh dalam mengobati alergi namun memiliki rasa pahit bukan kepalang.

Obat Gatal Alami yang Dioleskan

-      Mandi susu. Campurkan oatmeal ke dalam susu evaporasi (susu yang sudah dikurangi kadar airnya_ dan gunakan untuk mandi. Oatmeal (1-2 mangkuk kecil) juga bisa dicampur dengan air hangat dalam bak berendam. Susu bekerja cukup baik untuk mengusir gatal-gatal di kulit dan membuat kulit lebih halus.

-       Baking soda (sekitar 1 mangkuk kecil) juga bisa dicampurkan ke dalam bak mandi berisi air hangat untuk mengurangi gatal-gatal akibat iritasi, gigitan serangga, sengatan lebah, dan lainnya. Berendamlah sekitar 30-60 menit. Untuk luka sedikit di kulit, campurkan tiga bagian baking soda dengan satu bagian air, lalu oleskan pasta ini ke area yang gatal. Namun, jangan lakukan hal ini jika kulit terluka.

-    Oleskan air perasan lemon ke bagian tubuh yang gatal, biarkan hingga kering. Jeruk mengandung bahan anestetik dan antiradang yang ampuh mengatasi gatal-gatal.

-        Oleskan daging tanaman lidah buaya ke tubuh yang gatal. Zat dalam lidah buaya tak hanya bisa mengatasi luka bakar, tapi juga gatal-gatal.

-      Mandi dengan air yang dibubuhi minyak pepermint. Untuk area yang sedikit, seduh daun mint dan gunakan airnya untuk membasuh bagian tubuh yang gatal, atau celupkan kain bersih ke air seduhan daun mint kemudian kompreskan ke bagian tubuh yang gatal.

Daun mint mengandung mentol yang bersifat anestetik dan antiradang. Asam rosmarinik di dalamnya juga bersifat antiradang yang mudah diserap ke dalam kulit.

-         Tambahkan dua sendok makan cuka apel ke dalam air mandi dan gatal-gatal pun akan berkurang.

-         Kompres bagian yang gatal-gatal dengan kompres dingin

Menghilangkan Gatal/Alergi dengan Minyak Habbatussauda dan Zaitun

Kedua jenis herbal ini yaitu Minyak Habbatussauda dan Minyak Zaitun di kenal sejak lama bisa mengobati rasa gatal pada kulit. Keduanya bisa di konsumsi atau di gunakan sebagai obat luar, biasanya di campur ketika ingin mandi.

Jika anda ingin tahu lebih detail tentang manfaatnya bisa lihat langsung:

-         Minyak Habbatussauda (Cair)

-         Minyak Habbatussauda (Kapsul)

-         Minyak Zaitun

Berikut Cara Mengatasi Gatal dengan Minyak Habbatussauda dan Zaitun

1.   Jika sedang meradang, mandi dg air hangat. lebih utama jika dicampurkan Minyak Habatussauda

2.      Biasakan mandi shubuh dg air dingin

3.      Bekam rutin per 2 minggu, terutama titik pencernaan & organ lain

4.      Puasa sunnah senin & kamis

5.      Minum madu + air putih pagi hari sebelum makan apapun

6.      Minum Habbatussauda, zaitun, sayuran & buah setiap hari

7.      Minum air putih 2,5L//hari

http://www.berita-ane.com/2011/12/cara-menghilangkan-gatal-kulit.html

———————————————————————————————-

Menghilangkan Luka Gatal Kulit

Lidah buaya atau dikenal dengan sebutan Aloe vera adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Lidah Buaya banyak ditemukan di daerah subtropis dan tropis seperti Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Indonesia. Di Indonesia, khasiat lidah buaya kerap digunakan untuk perawatan rambut. Tetapi kini banyak produk perawatan kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan dasar.

Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

Zat-zat tersebut termasuk enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin terkecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan; saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Lidah buaya mampu meredam rasa panas akibat terpapar sinar matahari, memperbaiki sel kulit yang rusak, dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Riset dari University of Mariland Medical Center memaparkan, lidah buaya mengobati iritasi kulit akibat luka bakar 9 hari lebih cepat, dibandingkan pengobatan tanpa lidah buaya.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari lidah buaya :

1. Detoksifikasi. Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, tetapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gangguan pencernaan. Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.

3. Kesehatan mulut. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

4. Perawatan kulit. Fungsinya juga menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit.

5. Diabetes. Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.

6. Membantu gerakan usus. Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.

7. Menjaga berat badan. Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.

8. Kekebalan. Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Luka bakar. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.

10. Ketombe. Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.

http://www.detik-news.com/search/luka-akibat-gatal-gatal-kulit/

———————————————————————————————————–
Jangan Sepelekan Gatal di Kulit

TRIBUNJOGJA.COM – Gatal sebenarnya hanya salah satu gejala, yang paling sering terasa di kulit, sebagai respons tubuh terhadap sesuatu yang terjadi di luar atau di dalam tubuh. Misalnya, udara dingin. Sama seperti rasa nyeri, yang bisa dipicu oleh hal dari dalam dan luar tubuh. Misalnya, nyeri karena syaraf terjepit atau nyeri karena terkena pisau.

Menurut dr.Tridia Sudirga SpKK dari Erha Clinic, saat badan terasa gatal, rasanya nyaman sekali kalau kita mandi air hangat, bahkan air panas. Seolah-olah, rasa gatal itu dibunuh oleh kehangatan air. Padahal, rasa nyaman itu ternyata semu.

“Makin sering kena air hangat, kulit akan makin kering, sehingga makin terasa gatal,” ucap dr Tridia.

Kalau Anda ingat, luka yang akan sembuh juga bikin gatal. Jangan sekali-kali menggaruknya, karena nanti malah tak kunjung sembuh. Rasa gatal Itu muncul, karena proses pertumbuhan jaringan kulit baru juga menghasilkan histamin, sang biang keladi penyebab gatal.

Kata dr Tridia meskipun kulit sudah terlihat super bersih? Ternyata, salah juga. Orang yang terlalu bersih jadi sering mencuci tangan dan sering mandi. Akibatnya, kulitnya jadi kering. Ujung-ujungnya, mereka justru mudah terkena eksim.

“Hal yang paling kerap kita dengar bisa menyebabkan alergi adalah makanan laut, debu, atau kosmetik. Tapi, bahkan untuk hal yang sepertinya ‘aman’, juga bisa menjadi alergen (penyebab alergi). Antara lain, kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan sperma,” ucapnya.

Banyak penelitian menghubungkan kekambuhan ketombe dengan stres, kondisi tubuh yang kurang istirahat, serta daya tahan tubuh yang menurun. Tapi, hubungan pastinya belum jelas. Meskipun, ketombe sering kali sembuh sendiri, saat beban pikiran mereda dan daya tahan tubuh membaik.

Pengobatan untuk gatal, sebenarnya sama saja. Ini dia obat untuk mengatasi gatal:
1. Antihistamin (penangkal gatal) yang diminum. Antihistamin ini memiliki efek sedatif (menenangkan). Sambil minum obat ini, penyebab gatal harus dicari, agar bisa diberi obat yang tepat.

2. Pengobatan topikal (dioleskan di permukaan kulit) dengan salep yang mengandung kortikosteroid (golongan steroid yang akan membantu mengurangi peradangan pada kulit yang gatal), disesuaikan dengan penyebab gatalnya. “Hindari penggunaan sabun antiseptik, karena umumnya akan membuat kulit makin kering dan gatal,” saran dr. Tridia Sudirga SpKK dari Erha Clinic. Obat untuk eksim ini banyak dijual bebas.

Menurut dr. Tridia, ini menjadi masalah. Sebab, obat-obatan golongan steroid harusnya dikontrol (misalnya, hanya bisa diibeli dengan resep dokter). Karena dijual bebas, orang kerap membelinya dan melakukan terapi pengobatan sendiri, yang belum tentu benar. Dan bisa jadi dia mengulang-ulang terapi, yang sebenarnya bisa memberikan efek samping pada kesehatan kulit. “Prinsipnya, kalau sudah diobati sendiri tapi tidak membaik atau kambuh lagi dan lagi, lebih baik berkonsultasi ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat,” tuturnya.

3. Bila gatal itu disebabkan alergi, terutama makanan, tentunya makanan penyebab alergi perlu dihindari. Jika penyebabnya adalah stres, tak perlu pantang makanan. Hanya, sebaiknya jauhi makanan yang memicu keringat, misalnya yang terlalu panas atau terlalu pedas. Karena, saat berkeringat, rasa gatal itu malah akan makin menjadi. (tea/dbs)

——————————————————————————————————————–
Ini Tips Mencegah Gatal Kulit Akibat Eksim

TRIBUNJOGJA.COM – Eksim adalah gangguan peradangan kulit yang dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi sampai orang dewasa. Dengan perawatan yang tepat, gatal kulit akibat eksim bisa dicegah.

Eksim atau dermatitis kontak sebenarnya adalah kondisi kulit yang dipengaruhi oleh faktor keturunan. Bila seseorang dalam keluarga menderita alergi, eksim adalah tanda pertama yang dapat menunjukkan si kecil juga memiliki bakat alergi.

“Banyak orang mengira eksim disebabkan oleh kuman, padahal sebenarnya ini merupakan kondisi kulit yang sensitif dan dipengaruhi faktor bakat alergi,” kata dr.Lilik Norawati, Sp.KK, disela acara konferensi pers Pearls of Cosmetic Dermatology Symposium 2013 yang diadakan oleh Dove Medical dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia di Jakarta, Kamis (21/2/13).

Gejala eksim pada bayi antara lain adalah kulit kering, kemerahan, gatal, menebal, dan bersisik. Beberapa gejala tersebut juga dapat mengindikasikan masalah lain seperti ruam popok.

Perawatan kulit eksim yang utama, menurut Lilik adalah menghindari pencetusnya. Beberapa pencetus yang harus diwaspadai adalah kutu debu, keringat, udara kering, sampai detergen dalam sabun.

Untuk perawatan sehari-hari sebaiknya hindari produk perawatan kulit yang memiliki pewangi.

“Gunakan pula sabun mandi yang lembut dan mengandung pelembab khusus untuk kulit sensitif,” kata dokter spesialis kulit dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta ini.

Kelembaban adalah fondasi bagi kulit yang sehat, terutama untuk penderita eksim. “Pelembab kulit wajib dipakai setiap hari, terutama setelah mandi. Sebaiknya pilih produk yang memiliki lemak pelindung,” ujarnya.

Untuk eksim yang lebih berat peradangannya, dokter akan memberikan obat-obatan yang dikombinasikan dengan produk perawatan kulit.

About these ads

Tag:, , , ,

185 responses to “Kenali Penyebab Gatal-gatal pada Kulit”

  1. RIDO says :

    Menurut aku sangat baik dalam memberikan informasi dan ciri-ciri gejala terjadinya penyakit.tapi ada yang kurang dalam informasi ini,maka harus diberi bagaimana cara pencegahan dan pengobatan dari penyakit tersebut agar tidak menjalar.trimakasih atas informasinya.bagi seluruh warga indonesia cintailah lingkungan dan selalu jaga kerbersihan karna kebersihan merupakan awal kenyamanan dalam hidup indah.tKS Y dah bc
    hehehehe

    • annis says :

      personal hygiene sangat penting karna jika tidak menjaga kebersihan tentu mudah terinfeksi tdk cuma gatal-gatal lebih dari itupun bisa terjadi, tetapi jika ada gatal2 yang disebabkan oleh keturunan ataupun kebiasaan pola hidup sehari-hari….jika disebabkan keturunan/gen seseorang bagaimana cara mengatasinya dgn alami tanpa bahan kimia jenis apapun….

  2. suparmo says :

    Sahabat2 ku yang budiman,
    Saya mohon bantuanya yaaa, begini saya sudah lebih dari 3 bln ini kulit saya gatal2. Menyiksa sekali, sudah berobat ke dokter umum, gak ada hasil. Sudah mandi pake sabun asepso, detol ,bedak purol, herosin, tapi gak ada hasil. Sudah mandi air hangat juga habis mandi tetap gatal. kucoba mandi dilaut tambah gatal. Frustasi nih. sebenarnya gak luka. ada luka2 tapi cepat kering n sembuh lukanya, tapi gatalnya tetap. Sudah berdoa mohon kesembuhan dan mohon ampun pada Tuhan juga sdh, berdoa sambil berobat. Tolong ya sahabat bantu saya. Tks

    • hepyes says :

      Coba saudara ingat-2 kembali apa yang pernah anda perbuat kepada seseorang sehingga menyebabkan penderitaan yang amat sangat seperti ini, cobalah minta maaf kepadanya. siapa tahu dengan meminta maaf dan taubat yang sungguh-2 dapat meringankan beban yg saudara alami selama beberapa bulan ini. dan jangan lupa untuk tetap bangun malam qiyamulail jika anda muslim semoga apa yang menjadi keluhan saudara dapet disembuhkan seperti sedia kala. dan usahakan untuk segera ke dokter atau tabib yang lebih mengerti akan penyakit saudara. wallahualam bisowab….

    • ch0ky says :

      kemungkinan anda alergi, mkax coba di perhatikan dr mkananx…

    • cukaminya says :

      informasinya kurng jelas, shbt….
      coba sertakn sejak kpn gatlnya, lokasinya dimana, gejala lain yg menyrtai gatal, bentuk ruam yg timbul dikulit bagaimana… sulit untuk menegakan diagnosisnya kalau cuma tahu gatalnya doang, krn penyebb gatal itu banyk sekali…
      lebih baiknya coba sahbt ke dokter,, thanks
      moga cept smbuh…

      • yanty says :

        gatalnya itu selsai mandi,di asrama apa mungkin karena air ya atau apa tolong kasih tau aku dong…………gatal bangeet ne gak tahan merah semua badan aku

    • maria says :

      q juga sama malah lebih lama dari kamu q pingin tau cara ngilangin bekasnya…

      • Nyoman Mertha says :

        aq pernah mengalami yang sobat alami, mungkin lebih parah karena menderitanya belasan tahun, bahkan sampe bentol2 besar ngeri banget aq gak tahu penyebabnya, tdak makan ikan laut, udah tidak makan terasi, dan semua saran untuk tidak dimakan aq tak makan dan usaha ke ahli kesehatan udah aja ke 2 dokter kulit dan kelamin bahkan ke shinse di area Kertajaya Indah, dengan biaya yang cukup banyak menguras dompet, tak jua ada perubahan.Akhirnya aku minum antibiotika, antihistamin dan analgetik. perawatannya ke buat larutan bethadine panas (tp tidak sampe merusak kulit) caranya : air panas kira2 1/3 ciduk mandi campuri air dingin dan rasakan kalau masih kepanasan tambah air dinginnya, masukkan bethadine kira2 1 ml, aduk uleskan ke tempat gatal berkali2 pake sikat gigi yang lembut, akan terasa panas tapi enak, lalu lap kering, olesi lagi bethadin tipis2 maka aq merasa nyaman dan hilang sampe sekarang. coba sahabat ya, moga sembuh

      • Ryanto yanto says :

        emang u mengalami penyakit gatal udah berapa hari atau berapa minggu

    • dimas says :

      bagaimana kalau di bagian gatal-gatal itu di kasih daun ”JARAK”…kemungkinan sembuh 70%,,
      caranya: ranting ”JARAK” di potong, terus getahnya di taruh di telapak tangan dan di gosok-gosok terus sampai keluar busa, lah terus di oleskan ke penyakit tersebut…..insyallah sembuh,,

    • Mohammad Fadhil Masrah says :

      Insyaallah..kmu tau itu minyak batu nggak?? ternyata aku pun keya kamu… mcm2x cara deh aku guna untuk ubatin sakit gatalku.. tapi nggak berjaya.. bendingan elo guna ubat minyak batu.. bagus sekali..Insyaalah boleh sembuh..

  3. boncel says :

    coba di bekam bro, barangkali penyebabnya darah kotor yg tidak keluar dari dalam kulit

  4. iwonk says :

    duh,,, sama neh… gatal…
    thanks tas infonya…

  5. koming says :

    Saya penderita gatal sejak hampir 10 th..udah 5 kali ke dr specialis kulit dan ktanya gatal ini bisa seumur hidup…saya di kasi salep dan disarnkan untuk mengoleskan pada bagian kulit yang gatal dan jangan digaruk krn setiap 1x garukan akan nambah menjadi 2 garukan dan seterusnya ….lama lama bisa luka kata dr. oh ya bagian tubuh saya yang gatal yaitu pada jari tangan bagian dalam, sudut persendian jari tangan dan juga siku. disamping itu saya juga gatal di bagian selangkangan..gatalnya kumat sewaktu waktu…dan kalau digaruk enaknya minta ampun bahkan sampai luka saya garuk. mohon penjelasan bila ada yang tahu apa yang harus saya lakukan untuk penyembuhannya..

    • Pernah Gatal says :

      Kayaknya anda kena exim. Saya pernah, bertahun-tahun di bokong, selebar lingkaran gelas. Permukaan kasar dan pinggirnya lebih menonjol dan lebih gatal. Kalo makan telur atau yang amis plus udara panas plus tidak boleh garuk-2 (mungkin di tempat umum atau sekolah), gatalnya menjadi-jadi.

      Sembuhnya : dicuci pakek sabun antiseptic diulang-2 sampe bersih sekali,kalo perlu pakek air hangat. Lap pakek kering. Setelah itu dilumuri pakek minyak kelapa atau VCO yang dihangatkan. Terus jangan makan yang merangsang gatal seperti telur, ikan laut dsb.
      Lakukan setiap hari, bila perlu beberapa kali. Minyak ini juga sangat ampuh merontokkan herpes yang juga sulit dibasmi obat kimia macam salep atau tablet “A”.

      Semoga capat sembuh (kecuali kalu masih suka manikmati garuk-2 kegatalan).

  6. comel says :

    salam,
    saya ingin bertanya seminggu yg lalu saya gatal2 kerna alergi antibiotik lepas tu sya pergi hospital dan di beri suntikkan dan ubat paracetamol dan ubat alergi..tapi gatal2 itu masih ada dan gatal2 itu terasa dari dalam darah saya terutama di tapak kaki tapak tangan peha dan kadang2 dibadan. saya ingin tahu apa punca nya dan bagaimana untuk mengatasinya…saya sering menggaru sehingga kulit saya mengelupas dan luka..apa yang perlu saaya lakukan??

  7. dita says :

    ass,
    saya dah gatal2 krg lbh 2 mnggu, bentuknya merah m’bulat. dari kepala sampai ujung kaki, terasa enak bila di garuk sampai warnanya smkn merah. sdh pakai herosin, ttpi b’bks hitam. d leher sdh hilang. ttpi d daerah tangn dan kaki tmbul lgi. prtanyaannya apkh pkai herosin tdk co2kgatal2 yg sy rskn msk k dlm jenis pnykt gtl yg mn? obat apa yg co2k tdk ada efek smpngnya? thnk you

    • evi says :

      saya juga menderita gatal pada kulit saya datang ke specialis kulit dan diberi salap siang malam dan kapsul alhamdulillah sembuh tapi sebulan kemudian timbul lagi

  8. Hifni says :

    saya tertarik dg jenis gatal2 yg dsebutkan di no.1. Bentuk gatal2 nya sperti apa ya? Gatal2 yg saya derita seperti bekas gigitan nyamuk, ada yg besar dan kecil. Digaruk menyebar. Saya curiga karena alergi dingin. Saya heran, kenapa dingin bs menyebabkan gatal2 ya? Dan bagaimana saya menyembuhkan dan menghindarinya kelak? Secara, kita pasti terus ada musim hujan kan.

  9. vira cantik says :

    tmn2Q tolong bantu q tuk mngobati penyakit gatal2ku ne….saya 8 th mengidap penyakit gatal2…..kdg smbh kadang g….klo airnya kotor tu q lgnsg gatal….apa obatnya n penyebabnya apa n ne trmsk pykt gatal2 di sebabkan apa??

  10. heribertha says :

    syalom…bagus banget informasinya tapi ada yang kurang bakterinya tidak disebutkan jadi kita tidak tahu pasti.

  11. deni wariman says :

    tolong bantu saya, saya dah 7 bln mengalami penderita gatal-gatal bernanah trs di garuk dan langsung banyak di sekujur tubuh dah pakai obat segala cara tapi hasilnnya NIHIL bahkan mandi juga pakai detol tapi masih tetep banyak :
    ciri-cirinya :
    – bintik merah
    – bernanah
    – luka
    – kalau kedinginan suka kambuh
    – kalau mandi pakai sabun bahkan anehnya jadi lebih banyak ………..
    dok tolonglah aq dok bukan aq saja yang begini bahkan anak anakdan ibu ibu di sekitar rumah sy yang sama kya gtu bahkan ada ang lebih parah lagi dok ……
    hub ke no ini yah dok.:085721759650

  12. Alya says :

    Saya mau tanya, sekitar 1 minggu terakhir ini kulit saya mudah sekali gatal-gatal. Seperti yang dijelaskan pada artikel diatas, mungkin penyakit saya dikarenakan penyakit jamur/panu. Karena gatal, lalu saya garuk-garuk sampai bentolen (kulit membesar dan keras). Dan akibatnya timbullah luka dan terkadang ada nanahnya. Saya sudah coba pakai minyak kayu putih dan mandi pakai sabun lifebuoy. Kira2 di antara pembaca ada yang tahu gk, makanan pantangan bagi penderita gatal agar tidak bertambah gatal lagi dan obat pencegahnya ?

  13. tari says :

    Thanks infonya. Saya pun orang yang rentan thd gatal-gatal. pernah ke dokter, lalu disuruh menghindari daging kambing, durian, tape, dan minuman bersoda. alhmdllh tdk ada keluhan. Tapi suatu hari tdk tahan juga akhirnya skrg berulang lagi. pdhal klo sdh baik mau stop obat 2 minggu lalu test alergi, tapi…….blm ada waktu sdh tergoda lagi ama daging kambing.
    apakah alergi seumur hidup tdk dpt sembuh? skrg klo kambuh, pakai minyak tawon aja.

  14. cucut says :

    Aku kena gatal2 pada kulit di paha , tp bkn di sela paha , ,
    itu kenapa yaaaa ??

  15. henny says :

    aku henny usia aku 27, aku terkena penyakit gatal pada kulit, muncul nya merah kecil tapi lama2 melebar, karena aku tdk tahan makanya aku garuk trus jadi luka, ada yang tau engga ya sobat obat nya pa? trus obat yang bisa menghilangkan bekas luka da engga ya… aku malu nich kaki ku banyak bekas luka… tolong infonya,thaks.

  16. linda says :

    pengganti antibiotik yang herbal adalah daun sirih, daun sirih banyak manfaatnya, selain pengganti antibiotik daun sirih juga bagus untuk menyembuhkan masuk angin,mengatasi keputihan, dan gatal2 pd kemaluan, ada cerita dr guru biologi saya yg waktu masih SMP pernah doperasi amandel, n jahitan operasinya zigzag sehingga menjadi tempat bersarangnya kuman, n memerlukan antibiotik untuk mengatasi sakitnya, tp setelah banyak menghabiskan antibiotik ternyata ketergantungan, jika tidak minum antibiotik sakitnya tdk sembuh, bahkan dosisnya bertambah, lalu dia mencoba minum air rebusan daun sirih, n hasilnya Alhamdulilla hingga sekarang sudah berumur 30an tdk pernah lg mengeluhkan sakit pd jahitan amandelnya. cara perebusannya => dengan Basmalah BAGI YANG ISLAM, panaskan 1/2 liter air, lalu masukkan 7 lembar daun sirih, tambahkan sebutir garam (sedikit saja jangan berasa asin) lalu aduk n bisa diminum stelah dingin atau selagi hangat….
    efeknya => akan terasa sakit jika diminum bagi penderita seperti yg diatas, tetapi stlah itu akan terasa khasiatnya.
    bagus juga untuk menghilangkan sakit selagi haid, untuk gigi,dll.
    n jgn lupa BERDOA.

  17. yani says :

    saya setiap malam mengalami gatal2 di seluruh tubuh kdg siang juga…
    tp paling sering kalo malam. dan kalo di garukin terjadi pembengkakan di bekas garukan. kira2 knp ya?
    terimakasih

  18. afriez says :

    saya manusia,sya puna penykit gatal kl blm mandi,tp kl udah mandi dh g agtel” gy,pertanyaan’a obat ap ya yg ccok untuk sya byr g mandi pun g gatel” hehehehe
    tolong sya…

  19. imam says :

    saya juga gatal2 ni,, kebetulan saat ini lagi cobain rebusan daun sirih pas seperti
    ide nya linda,insya ALLAH berkurang rasa gatal nya,cobain aja ,jangan lupa baca bismillah .

  20. aura.bilqis says :

    udah 2 minggu ini saya terkena penyakit gatal2 awalnya sih cuma bintik biasa tp berisi cairan karna gatal saya pecahin dan menggaruknya ahirnya menyebar keseluruh tubuh saya kalo digaruk terus jadi membesar bahkan kalo udah membersar kulitnya itu bisa dikelupas saya udah berobat kedokter pakai sabun asepso, bedak herocyn dan purol tp ga ada perubahan. ini sejenis penyakit apa yah, apa pantangan makanannya dan disebabkan karena apa penyakit semacam ini. tolong saya yah

  21. maulana says :

    Ass,Mohon bantuannya sudah sekitar sebulan ini sy mengalami gatal” di seluruh badan khususnya pada bagian perut,lipatan tangan,dan paha dalam,padahal sy sudah memeriksakannya ke dokter umum,sudah minum obat untuk alergi sudah memakai bedak salicyl dan juga sudah memakai sabun detoltapi tetap saja masih gatal-gatal khususnya pada malam hari,untuk penyebabnya sy juga kurang yakin,ciri-ciri gatalnya terdapat benjolan kecil [ada kulit seperti digigit nyamuk tapi berair di dalamnnya,moho pencerahannya cara menghentikannya karena sudah terasa sangat mengganggu.terima kasih

  22. michael says :

    saya uda 3 bulan menderita gatal2 dibagian punggung, dilipatan tangan, leher serta muka. saya si berusaha untuk gak garuk dan menjaga kebersihan tetapi kenapa gatal2nya bertambah banyak ya? trus berubah menjadi hitam .kata dokter si alergi tapi pas dikasi obat gak ada efeknya. pake detol juga g ada efeknya. dan ada lagi selain itu saya pngen nanya jerawat dibadan gimana untuk menghilangkannya ya dok? soalnya kta ortu saya ini krana keturunan dari bapa saya. mohon bantuannya thanks

  23. devi says :

    Tolong saya teman, anak saya yg pertama umur 5 th yg kedua 2th keduanya kena infeksi kulit awalnya bentol kecil dgn carian bening krn anak2 digaruk sekarang jadi koreng/borok, keduanya korengan dikaki kanan yang anakku yg paling kecil malah uda dipantatnya(maaf) mohon info harus kemana dan obatnya apa?sekali lagi mohon info

  24. edwin semende says :

    kalau mau sembuh caranya yaitu banyak2 minum susu atau susu yang bagus buat tulang, kemudiam minumkan air daun sirih, yang pastinya bagi muslim harus baca bismilah 3x, selamat mencoba aja, muda2han apa yang kamu derita lekas sembuh dalam jangka tiga hari pula

  25. no name says :

    uda 1 bln luka g smbuh”.awalny cm luka biasa tp g kring”.trz rasany bengkak.kluar nanah.lalu mnjalar ke sluruh tbuhq.pdhal uda aq ksh binahong.mnum smbiloto.mnum air klapa.aq ksh mnyak tawonhttp hslny 0.skrg q cm mnum brsh drah.knapa ya kok g smbuh” ?
    sbenarny aq trkena pnyakit apa ya ?
    trz cra pncegahan dn pgobatany gmn ?
    trimakasi.sya akn lbh snang bla anda mmblasny.:)

  26. Risma says :

    Tolong saya minta bantuannya ,,,,saya terkena sakit gatal-gatal udah 2 tahun,,,,,awalnya itu dari kaki lama kelamaan kok menjalar sampai ke paha,,,terus saya garuk-garuk ,,,,,ternyata timbul bekas hitam karena saya garuk terus-menerus,,,saya sudah berusaha untuk menghilangkan bekasnya tetapi tidak bisa hilang:cara yg sudah pernah saya lakukan utk mencoba menghilangkan bekas gtal saya itu diantaranya(Mandi dengan air sirih,melaburi dengan parutan jagun muda,melaburi dng parutan bawang merah,saya beri daging lidah buaya,sampai2 saya prnah gosok dengan alkohol ,,,,,,)tetapi bekasnya tidak hilang juga malah tambah banyak,,,,,,Saya malu dengan teman2 saya,,,,,,,,Tolong solusinya bagaimana carany agar bekas dan rasa gatal bisa hilang,,,,,tlong bange

  27. GATEL says :

    Iyy NI gatel bgtttttt K lo g pagi siang so re mLM p lgi ktny s tungau yg di dlm kulit qta hiiiiii srem

  28. fitri says :

    ass,,,saya fitri.saya jg mengalami sakit gatal-gatal tp sakitnya jg sangat nyeri sampai2 perut aku jg terasa sakit,awal gatal nya dari telapak kaki terus nyampai ke badan rasanya kyak di tusuk jarum pentol,,aku mw nanya nih ap ya obatx yang paling alami??????????

  29. mar ibunya nanda nela says :

    mohon pertolongan, pada mulanya kaki saya kena knalpot dan luka nah , bekas luka itu sekarang menjadi gatal kalau saya makan udang, ayam dll. tapi meskipun sdh saya hindari makanan itu tetap aja masih gatal dan kalau sdh gatal rasa gatalnya minta ampun dan akhirnya saya garuk dan skarang berair deh, apa yang harus saya lakukan dan apa ya obatnya yang herbal aja soalnya sudah mulai pertama gatal saya sudah minum obat dari dokter tapi tetap aja sembuh kambuh lagi2 saya takut klau minum pil terus……… tolooong

  30. ani says :

    Awalnya merah bulat di paha dan punggung, lama-lama berair dan gatal. saya beri salep garamisin. sembuh tapi bekasnya menghitam tidak hilang. akhir-akhir ini sering kambuh lagi gatalnya. khusus nya, pada pinggirian yang menghitam agak memerah….mohon bantuannya. penyakit apa itu dan apa obat yang tepat. TQ

  31. Aisyah says :

    Asslm. Saya mengalami alergi gatal2 ingestan. Dokter melarang mengkonsumsi ayam, seafood, telur, cokelat, kacang tanah, & susu hewani.

    Memang tersiksa jg menahan keinginan untuk tidak makan makanan tsb krn mereka makanan yg lezat. Namun, ketika saya tdk memakannya saya sembuh + diberi resep obat & salep.

    Sekian. Saya ingin brbagi ilmu dr pengalaman saya ini. Tq
    Wass_

  32. ani says :

    Gatal karena Jamur obat salepnya apa?

    Gatal karena Bakteri obat salepnya apa?

    Gatal karena virus obat salepnya apa?

    Mohon bantuannya……???

    • Mulyadi says :

      Pengalaman, klu gatal2 krn jamur/bakteri obatnya ada 2 yaitu : Kethocenozole, Intherezthin minumnya 2×1, klu malam Cetrizine 1×1 kemudian salebnya juga Kethokenozole + Behtametason keduanya digosokkan tipis2 secara bergantian pagi dan sore, dan klu mandi jangan dulu pake sabun, smoga cepat sembuh

  33. Hantu Casper says :

    Sya juga prnh mngidap gatal2 yg super parah, ap lg d mlm hri dan derita ini ku alami hampir 4 thn…. tp Alhmdullh skrg udh smbuh wlw ad yg brbekas tp lma-klmaan brangsur hilang.. sya ingin brbgi solusi
    1. klo gtalnya kmbuh, jgn skali2 digruk tp klo udah g than ckup ditepuk 2-3 kli, jgn kbnykan tpuknya
    2. klo mlm atau sblum tdur, smua yg gtal di kulit HARUS dicuci dgn sbun antigatal hbis i2 diusap dgn pasta gi2 truz bilas ( klo bsa pke air hngat), klo udah kring dibedakin dgn bdk antigtal (herocyn, dll). ingat mndi min 2X shri..!!!
    3. tgan hrus sllu dlm keadaan bersih, ku2 jg hrus brsih n g boleh pnjang.
    4. obt yg saya konsumsi dlu yaitu KETOKONAZOLE & rutin sya mnum 3X shri. sbnrnya ad obt yg super prih klo dpke tpi mslhx gw lupa mrknya pkoknya ciri2 obat i2 warnanya merah, dlm kmsan btol kcil, brbntuk air bukan slep.
    5. klo sya dlu g co2k pke salep, soalnya jdix akn pnas n lembab yg akibtnya bsa jd rumh bgi kumn, bktri, atw jmur
    5. hindari mkan mie, tlur, ikan kring, seafood, pkoknya yg dpt mngkibtkan alergi.
    6. pkain hrus sring dignti aplg abiz brkringat, trutma pkaian dalam minml dignti 3X shri. t4 tdur jg hrus sllu brsih…..
    7. ini point pling pnting. berdoalh pd TYE, dgn usaha disertai doa psti keinginan anda akn trkbul.

  34. Ishur says :

    Saya sekitar 3 bln ini menderita gatal-gatal…biasanya muncul kl cuaca panas..serasa gatal sekali kmudian muncul bentol-bentol yang ujung berair bening…kalo digruk bntolnya smakin banyak…utk mengatasi rasa gatal saya biasa pakai minyak cap kapak..dan rasa gatalnya biasanya berkurang namun kalau panas muncul lagi…mohon bantuannya obat apa yang cocok untuk menyembuhkannya…makasih…

  35. apcom says :

    Udah coba fungiderm ama miconazole, tapi kenapa masih gatal. yang paling menyiksa saat gatal di batang penis… mohon masukan…

  36. dian says :

    minta tlg dibantu obatx apa?awalx gatal cm satu titik dipergelangan tangan beberapa hr kmudian daerah paha,selangkangan trs menjalar kekaki, tangan n badan bentukx ky habis digigit xmuk bentol2.TP KDG JG MUNCUL SCRA TIBA2 kemerahan lebar2 gt dibeberapa titik.yah digaruk alx gatallllllll banget!ke puskesmas ktx alergi mknan,tp biz minum obtx ga da perubahan trs aku cb amoxan,dexametazon n cetirixin efekx cm sdkit sj.aduh skrg aku blang2 deh…tlg yah obatx apa please…;ikz

  37. agung says :

    mohon bantuannya. saya punya penyakit gatal2 di daerah paha, pantat dan (maaf) sekitar anus/dubur. ciri2nya : bulat merah kecil keras tidak bernanah dan jika digaruk semakin gatal dan mngeras dan membesar. saya sudah berobat ke spesialis kulit, dr.umu, mantri, alternatif, tapi blm sembuh juga. pernah gatal2 saya hilang tapi cuma hitungan jam lalu timbul lagi. biasanya gatal2nya muncul kalo keadaan daerah yg gatal suhuny lembab/berkeringat. usia gatal2 saya sudah 5 bulanan.
    asal mula terjadinya gatal2, ketika saya abis ikut adventure/cross di pegunungan, besoknya langsung gatal2. tapi herannya, saya ikut cross tidak baru kali ini tapi sudah seringkali dan baru kali ini kena gatal2. mohon pertolongannya, terima kasih.

  38. eko says :

    dulu aku lebih parah dari anda semua. seminggu 3x harus mandi ke sumber mata air panas belerang, sampe kulit menghitam ,mengelupas dan sembuh.

  39. mira moen says :

    pertama mulai ada bintik merah dekat ketiak.lama2 tumbuh didada…dan banyak,ada yg agak melepuh seperti kena sulut api rokok.saya kasih salicyl cair.yg gatal2 lama jd hitam.yg bintik baru msh merah dan agak gatal.gatalnya seperti ada binatang yg jalan/merambat rambat.saya ga tau kenapa ini.masih 1x saya bawa berendam diair belerang hangat.tolong kalo ada yg tau obat apa dan apa penyebab gatal2 saya ini.karena sudah agak menyebar kepunggung dan tangan.terima kasih…..

  40. Lina says :

    Ass. . .
    Bgni saya trkena
    Gatal” yg trbilg parah
    Krna bxk sekali keluar cairan bening d bagian kaki
    Dan biasax timbl bintik2 merah
    Dan ad yang bintik air yg sperti terkena kenalpot kndaraan dan rasax panas
    Apa kah jenis pxakit saya?
    Dan ap obtx
    Krna sudh 2x berobt
    Tdk smbuh
    Terima kash

  41. Asep says :

    Iya terima kasih atas penjelasannya, baru kali ini saya terkena penyakit gatal, sampai luka lagi. semoga cepat sembuh aja.

  42. iqbal says :

    sahabat tolong saya yaa, saya awalnya hanya ada bintik kecil di kaki tapi gatal sekali.. kemudian saya garuk.. dan tambah banyak kemudian menyebar.. saya takut sakit kulit saya ini menyebar ke seluruh tubuh sayaa.. saya bingung harus bagaimanaa.. tolong saran nya

    • dedi says :

      saya rasa ini bisa juga karena alergi sesuatu
      atau anda terlalu banyak makan yang manis manis itu juga bisa menyebabkan darah kita menjadi kotor lo dan menyebab kan menjadi gatal bintik bintik dan di tengahnya ada airnya, basuh lah dengan air hangat jika cairannya pecah agar tidak menyebar lewa t luar dan kurangi makan yang manis itu bisa saja kareta penyakit keturunan ( tanda – tanda deabetes )
      saran saya anda mengobatinya dengan salep 24 atau salep pagoda yang bisa di dapat di apotok itu di oleskan 3 kali setiap hari }
      mungkin tps saya ini bisa berguna ……kalau memang masukan saya tidak dapat diterima mohon maaf sebelumnya atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih …….

    • saint says :

      Assalamu’alaikum wr. wb., Apa bintiknya di antara jari kaki atau di bagian lipatan? Kalo iya saya sudah pernah kena dulu. Kemungkinan itu adalah kutu air, jika digaruk akan berair, masalahnya jika tidak segera dibersihkan airnya, bintiknya akan menyebar dan mulai lagi gatal. Saya pake salep anti jamur, tapi saya lupa mereknya apa. Pergi saja ke apotik, minta salep anti jamur. Supaya tidak kambuh lagi, usahakan ketika mandi, sela2 jarinya dicuci dengan sabun sampai bersih kemudian dikeringkan dengan tisu (kalau punya kipas angin sela2 jari kakinya dihadapkan ke kipas angin aja). Selain itu, khusus untuk kasus saya terjadinya jika saya mencuci manual (tanpa mesin cuci) dan jika kaki saya kena air kotornya biasanya beberapa kali kena baru mulai muncul bintik dan gatal. Insya Allah membantu. Wassalamu’alaikum wr. wb.

  43. dermawan says :

    Ya ALLAH Ya tuhanku, ampunilah dosa kami yang ada dalam diduniamu ini, jauhkan kami dari siksa lahir batin diri kami, hanya padamulah kami menyembahMU, dan hanya engkaulah yang bisa menyembuhkan segala penyakit dalam tubuhku. Amin

    • dedi says :

      mungkin saya punya tips
      kita ini hanya manusia yang tak sempurna yang mempunyai banyak dosa
      mungkin penyait itu terkadang adala ujian, cobaan atau teguran untuk kita yng banyak dosa ……..

  44. puput says :

    saya minta tlong donk….bdan saya gatal2 stiap x dgaruk mka kulit saya akan bentol2..tapi klo di diemin bentol2 y ilang sndri…
    klo kya gtu saya alergi atw knapa ya..??trus obat y pke apaan..??
    mhon info dan bntuan y….
    trima kasih…

  45. dedi says :

    saya udah seminggu ini menderita gatal pada awalnya hanya gatal biasa lalu meluas gatal ini saya rasa di selangkangan seperti ada yang bilang ini seperi panu namun lebih besar dan pingiran nya terasa lebih gatal dan agak perih dan yang saya tidak tahan lagi kulit kantung jakar saya menjadi gatel namun tidak bentol ataupun merah gatalnya hanya kadang kadang tapi kalo setiap habis mandi gatalnya menjadi – jadi saya sampe guling – gulingan saking gatelnya saya sangat ga pengen menggaruknya takutnya infeksi.
    mohon bantuanya untuk memberikan tipsnya ……..?
    usir gatatal pekerjaan lancar >>>>>>>>>>>>>>>>>>>> amin
    dan do’akan juga biar cepet sembuh

  46. tya says :

    ass., sya tya sdah gtal2 slama 5 blan.,awalx ad yg tmbuh pda bgian jri2 kaki kiri tpi cma 1 bruba bntolan brisi cairan ptih stelah z gruk mlahan mxbar d slurh kaki kiri lalu k slurh bdan..tpi yg brisi cairan hx d bgian kaki n tgan. . Prnah jga kaki knan.k gtal lalu sya gruk hingga brnanah n kaki z mngalami pmbengkakan.. .sya sdah tdak than.. Mhon bntuan.x

  47. wahyuni mus says :

    aq jg nih……
    gatel2 akhir2 nih…..
    mana gatel2x memunculkan bentolan yg berisi air benung…..
    huh………

  48. Tardinus says :

    Saya mendapat gatal2 seluruh tubuh dg info sbb :
    1. Sehabis mandi pakai sabun apapun
    2. Pada malam hari mulai pukul 24.00 s/d 09.00
    3. Bila makan telur dan ikan laut
    4. Gatal luar biasa, ada luka karena di garuk
    5. bila digaruk seluruhkulit merah membengkak
    info lain:
    Air dari PDAM
    Bak mandi selalu bersih dicuci/keramik
    Sudah pernah konsultasi ke dokter diberi obat tdk sembuh2
    Gatal2 ini sudah 6 bulan, umur saya 56 thn, sebelum2nya tak pernah gatal2
    Apa yg harus saya lakukan?, mohon bantuan, terima kasih

  49. razedsgn says :

    klo gatel2nya awalnya bintik2 isinya bening
    trs digaruk
    meluas jd bentol lbh gede isinya ttp bening

    ga menular

    kira2 diagnosisnya apa?

  50. ahmad says :

    saya mao tanya apabila gatalya itu di daerah kemaluan pria itu cara pemakaian obatnya dengan salep krim atau obat saja?
    terima kasih

  51. Kama says :

    Minta tolong penyembuhan sakit kudisan aku..

  52. Syidah says :

    Mohon bantuannya,,, saya gataL2 jika sedang tidur, gatal.y itu seperti di gigit semut menebal n meluas.. Sya yakin bantaL sya ngga ada kutunya. Kira2 gataL sya dari mana ya?? Atau mungkin alergi kapok bantaL ya?? ToLong jwbannya.. Trimah ksih.

  53. Indra says :

    Saya udah hampir 2 minggu ini kena gatal gatal,awalnya hanya disekitar tangan. Dan sekarang menjalar hampi ke seluruh tubuh, anehnya saya udah pake obat2an n salep yg dikasi dokter, tp ampe sekarang gak sembuh2.

    O iya, kalo habis mandi n kena udara dingin rasa gatal itu muncul lagi, mohon saran dan solusinya…..

  54. Ikutan says :

    Aduh2 nimbrung dung neh aq jg sma lg gatel2 neh dari kaki sampe paha kulit pori2nya mebsar,kasar dan amat gatel ahirnya di garukin sampe merh dan lecet2 stelah kering bekasnya jd menghitam trz nt trserang gatel lg ahrnya trz smpe skrg kurng lbh 3blanan…tlong dong tipz nya ini penykt jenis apa aduh…kulitqu jdi gak indah lg neh…jd malu gw

  55. andhika says :

    saya penderita penyakit gtl. terutama pungung, tangan , dan kemaluan saya (maaf). beberapa tempat sudah mulai hilang gatal ini. sy tidak tahu kapan datangnya dan apa penyebabnya. tiba – tiba saja gatal itu datanag dan saya bingung awalnya. karena pertema menyerang daerah punggung apalagi sehabis mandi. mungkin karena air nya tidak cocok atau apa. tapi kini yang saya bingung kenapa sampai kulit kemaluan saya kena.
    saya coba skrg pakai sabun asepso dan betason-n ternyata sedikit menghilangkan gatal itu. . . . tapi adakah yang bisa membantu cara menghilangkannya . . .
    kasihan terhadap istri saya kalau kemaluan saya gatal seperti ini . . . gatal itu bentol kadang terdapat luka dan mengering besoknya luka dan mengering lagi. dan gatal itu mulai menyebar? apa itu penyebabnya . . . karena sudah menyerang (maaf) kepala dr kemaluaan saya . . .
    thx

  56. ardhy says :

    ass… aq udah sebulan terkena gatal-gatal pada kulit awalx timbul bintik seperti terkena udah terkenah gigitan serangga di kemaluan trus ke paha sampai betis n naik lagi ke lengan sampai tangan,perut juga, tp klu aq rendam di air hangat gatal”nya langsung hilang tp itu hanya bersifat sementara aq juga pakai salep michonazole,minya kayu putih ,bedak herocin, ama obat dokter tp tdk tau nmx….. namun gatal”nya belum hilang…??

  57. onciel says :

    Assalamualaikum wr.wb,
    Sya mau tanya,sejak kecil aku menderita gatal gatal,sekarang aku sudah berusia 18 tahun tapi belum sembuh juga,ciri2nya gatal2 pada telapak kaki,kalau rutin minum obat dan diberi salep sembuh,tapi masih ada luka,tapi setelah obat habis maka penyakitnya kambuh lagi,kalau parah bisa2 bentol2 berair dan lama kelamaan bernanah,sewaktu kambuh juga bagian tubuh lain di seluruh tubuh ikut gatal,tetapi cuma membekas bekas gatal dan kering tidak separah pada telapak kaki,lalu pada selangkangan juga merasa pegal dan sakit untuk berjalan,dan pada kepala muncul benjol2 seperti jerawat merah. Saya sudah sering sekali berobat ke dokter,bahkan ke spesialis kulit,tp hasilnya tetap sama, masih tetap kambuh kalau tidak mengkonsumsi obat,
    Ada yg tau ini jenis penyakit apa dan bagaimana mengatasinya??mohon bantuannya,thks

  58. suarman waruwu says :

    saya da gatal2 d daerah selangkangan, kantung jakar, kulit penis, sekitar paha, punggung, dada, lengan, juga tangan, sekitar leher dan juga muka (pipi, dagu))….
    ciri2nya :
    gata2, klo dgaruk bekasnya agak kputihan, trus ada serbuk2 karena d garuk, dan klo dgaruk truz bisa lecet dan perih nantinya..
    habis mandi kadang2 kambuh, bekasnya dkulit jadi kering dan ada berupa kulit kering bintik2 putih.
    kadang2 jadi bentol2. dan yang lebih parah itu d selangkangan saya. kadang habis mandi langsung gatal….
    saya da pake asepso, detol, sbun hijau, bersih darah kemabang bulan, daktarin. tapi blum sembuh jg.
    mohon solusinya dan obat yang mujarab. Thanks before…

  59. ningsih says :

    Assalamu’alaikum,,
    kalau obat dan salep untuk gatal akibat bakteri apa?
    thx,mhon bantuannya,,

  60. Lidya says :

    Aq jga uda 1 minggu, awalnya pinggang smpai paha itu pegel lalu timbul kemerahan pada paha kiri, lalu bentol dan berair hingga gatal dan panas apa penyebabnya ya?

  61. romita says :

    saya juga kena gatal di telapak tangan sampai lengan dan juga di badan sampai paha, bentol-bentol kalau di garuk jadi tambah banyak saya sudah berobat ke dokter kulit tapi setelah itu gatal-gatalnya timbul lagi..
    Ada yang tau ini penyakit apa dan gimana cara menyembuhkanya?
    Thx…

  62. yui says :

    tolong dunkz ada yg pernah ga gatal2 di paha,bentuknya garis merah2an gituh seperti arah aliran pembuluh darah…bingung,cuz tiba2 ajah ada..lupa gimana awalnya tapi setelah itu kok seperti menjalar ya..skarang sih lagi make obat talk salicyl gituh..ya doakan smoga ga berlanjut neh gatal2…tapi kalo berlanjut mungkin ke dokter..tapi kalo teman2 ada saran…tolong dikabari ya..makasih XD

  63. iqbalnf says :

    terima kasih atas tulisannya…..
    jujur tulisan anda membantu saya untuk optimis melawan gata2 yang saya drita kurang lebih 5 bulannan ini………

  64. g1am says :

    kalo penyakit kulit pakai sabun asepso bisa hilang tidak penyakitnya ??
    soalnya saya mengidap penyakit jamur di lipatan paha saya, dan itu sungguh mengganggu sekali..
    Tolong bantuannya ,,
    trima kasih

  65. shiba says :

    assalamualaikum,,,,
    saya mau bertanya ibu saya mengalami panas dan gatal seperti ada miyang dikulit lbh krang sejak 7 bulan yang lalu,,,,,ini terjadi hampr setiap saat,,,kulit tidak bisa kenak kain apapun tapi tidak ada ruam-ruam pada tbuh ibu saya cmn tersasa panas dan gatal saja,,,,,,,sebelumnya ibu saya juga pernah dioperasi rahim melorot,,,kira ini jenis penyakit apa ya?????? n gmna cara pengobatannya,,,,,,,,mohon djawab ya,,,,,makasih

  66. oin says :

    dok saya mo tanya saya suka gatal di paha belakang yang kena kursi setiap kita duduk.. dan hari ini tanpa sadar saya garuk2 paha sebelah kanan.. eh tau2nya pas buka celana bahan sudah bintik2 merahhh ih.. jijik.. tapi hanya sebelah kanan.. saya alergi atau jamur ya?? dy hanya bentol2 kecil tidak ada air dan nanah apakah saya alergi bahan celana tersebut?

  67. Ihsan says :

    saya sakit gatal2 d sekujur penis n kemaluan d0k,dan it pun bisa merambAt n membekas krna pda saat gatal aq garu2.
    Mohon d0k solusi ato obAt na”

  68. dina says :

    coba minum obat dexametason + grafachlor untuk menghilangkan rasa gatal dari dalam tubuh.

  69. humaidi says :

    makasih informasinya ya mbak, mulai sekarang saya akan lebih berhati-hati.

  70. Ravenesa says :

    bener banget tuuu iiii waduh dr skrng kta smua hrs brhti2 yaaa kakak sya sja udh kena iiiii

  71. halid says :

    teman2 mohon bantuannya..badan saya gatal2 setiap sya garok pasti merah dan semakin di garok semakin seluruh badan terasa gatal..setiap di garok menimbulkan warnamerah dan bintik2..tapi gatalnya minta ampun luarbiasa.setiap mandi hilang sejenak setelah itu timbul gatal kembali…belum pernah kena seperti ini..kebiasaaan sya ganti pakaian 2 x sehari.mandi jg 2 x.dan dalam hal kebersihan saya sangat menjaga diri.mohon bantuannya apa kira2 yg bs saya p[erbuat untuk pengobatan gatal2 in i..

  72. lia_____________cantik says :

    aduh gatal tangan kakiku gatal ……………………

  73. awal says :

    sobat tolong donk kasih tau aqu apa obat.y penyakit gatal in…

    ciri-ciri.y:
    -berair
    -bernana
    -luka

    balas

  74. leksi ndolu says :

    kenapa saat luka sembu terjadi gatal-gatal?

  75. desiana says :

    dok salep apa yg hrs pki seperti bintik bulat merah di punggung n rasanya gatal tq…

  76. lina ganjend says :

    ehm_ itu smua adalah karma. Buah dosa di masalalu. Bagi cowok semua bakteri bersumber di sekitar kelamin dan dubur. Bagi cewek semua bakteri berada dibawah payudara. Namun sadarlah barangkali anda terjangkit virus h.i.v? Sehingga seluruh kekebalan tubuh sudah tak berfungsi dan semua penyakit akan sulit disembuhkan secara medis. Bertobatlah kawan semoga lekas sembuh. Amiin.

  77. imanuel says :

    asslamu.alaiku. Oia mungkin jawaban dari saya bisa membantu. Saya dulu adalah playboy yg sering gonta-ganti pasangan. Hingga akhrnya saya terjangkit raja singa. Stelah berobt k dokter. Saya diberi obat dan dalm 2hari lgsung sembuh.
    Namun ternyata, efeck dari itu slama 10tahun saya mgalami gatal2 di sekitar dubur. Selangkan hingga wajah. Brbagai upaya telah saya lakukan nmun hasilnya nihil dan putus asa.
    Kini alhamdulillah sudah mendingan..
    Yg saya lakukan hanya kungkum di ember besar yg sudah saya kasih Sabun cair betadin dan larutan P.K slama 20menit tiap pagi dan sore. Di tambah tiap sblum tidur saya minum griseofulvin dan rifamphicin. Jg mghidari makan2nan yg brprotein hewani. Semoga ceritaku ini memberi faedah kesembuhan bagi teman2 smua. Amien

  78. rio says :

    assalamalaikum….
    kawan mohon bantuan’a saya pnya pnyakit gatal2,berbintik merah,gatal,dan kalao digaruk makin menjadi.ada disekitar slangkangan tlong tipsnya please…

  79. sastrawati says :

    Bismillaah. mukin ada diantara teman2 yg bs bantu saya dalam memberantas penyakit gatal2 yg tak kunjung sembuh. ada 3 titik gatal pd tbh saya, yg 1 di kaki&telapak kaki:kulit kaki jadi kasar, menelupas, dan pecah2 baik di jari jempol maupun di telapah. daerah 2 :di daerah lipatan pantat diatas dubur(maaf). yg ke3 :di liang telinga bagian luar dan dalam. gatal2 yang terjadi di 3 tiga daerah tersebut sdh bertahun2 saya rasakan dan banyak jg obat yang sdh di pakai akan tetapi hasilnya nihil, saya jd agak putus asa nih……. bagi teman 2 yang bs kasih saran /info obat kirim ke e-mail saya yaa….sastra_najiyah@yahoo.co.id

  80. sutisman says :

    salam kenal semuanya
    langsung saja,
    resep untuk alergi gatal2 pakai
    -LECITIN dan Chlorophyllin,

    untuk melihat prodaknya silahkan kunjungi

    http://www.pupuknasacirebon.com/category/produk/produk-kesehatan/

    jika ada yg menanyakan resep penyakit lain silahkan kirim lewat email .
    Thanks,

  81. gunadi says :

    asskum …

    sy jg mersa gtl2, d mulai dari aku mandi d laut’ p gua alergi y tp gua sering kk mndi d laut’
    mohon solusinya….tank gan

  82. Faisal says :

    Askum,
    aku kna gatal2 ni d’kemaluan aku (maaf) dan d’sela paha Q, jga ada airnya ato bernanah, n aku gak brani mandi ,klo mandi d’kemaluan ku n d’sela pahaQ bla kna air sperti lendir n mengeriput bila kdinginan n m’nggu bgetttt..! Ampe2 aku gak bsa ikut sholat lebaran huhu kasian..
    Kira2 Q gak bsa mcuk skolah ,huu…

    Ni ciri2nya:
    a. Gatal2 pda mlm hari
    b. Gatal d’kemaluan jga d’sela paha n brnanah.
    Tolong donk teman2 kali aja ada yg tau obatnya apa n obat ramuan’y yg alami2 aja ya……?
    Trimaksih….

  83. BUg says :

    haiii,,aku mau share ,anak ku sdh hampir bbrp tahun ini mengalami luka karena gatal,sdh berobat berkali kali ke dokter kulit tp dokter bilang dia bisa sembuh dengan sendirinya…apakah benar bgt ya,,,aku kasiahan melihat anak perempuan ku yg seperti itu,,alhasil dia slalu malu kl tdk memakai clna panjang,,mungkin dr kalian ada yg pernah mengalami seperti itu..mohon info’nya ya …thx :)

  84. ct0193241569 says :

    ct0193241569-Salam tuan2 semua,gatal2 yg tuan2 semua postkan tu pernah dialami oleh saya selama 2tahun,sama jer bila mgrib/malam satu badan dia bengkak,gatal dari muka,tangan badan,peha,kaki semua gatal g hospital putrajaya uji darah xde apa2 result/ok i selalu makan ubat tahan sakit 2hari/1x tapi sekarang saya dah ok 100% bila makan buah ni memang sedap tapi mahal la skit,I dah bagi abang i n dia ada kencing manis,dlm 2hari bacaan gula dia kembali normal malah makin bertenaga dr dulu dia selalu letih,n slalu tidor ,kitaran haid I dah 2thn x datang kini tiba2 kembali pulih spt biasa…memang ajaib skali,Syukur pd Ilahi krn i tahu ubat2 yg ada steoroid amat bahaya pd buah pinggang kita jka ia rosak habis darah kita tercemar lg susah tapi I nk bantu sekarang pd org lain kalu brani/mau nak beli saya boleh jualkan siap pos sampai rumah,mula2 x caya tapi dah cuba memang terbaik, x nak beli x per i nak share jer leh call ct 019-3241569…….kuala lumpur

  85. yayank says :

    Kalau gatalnya berlanjut apa yang harus dilakukan?

  86. Buku Tulis says :

    emang kta gak bisa di anggap remeh penyakit gatal2.
    saya juga sudah kira2 hampir 3 bulan, tetapi setiap hari mengkonsumsi obat, dan tidak pernah berhenti..
    dan menggunakan salep untuk bagian luarnya.
    ttpi saya yakin dan percaya, penyakit ini akan sembuh, jika kita bersabar untuk mengobatinya.
    dan jangnan pernah putus asa..
    dan jangan lupa untuk TYM~

  87. ASHRA says :

    assalamualaikum,, sy ashra. bgini, sy sering mnderita gatal2 gak tau sbabx apa. tp mnurt pengamatan sy, ini sering trjadi saat s sdang datang bulan. apa ini memang bsa di sebabkan oleh datang bulan itu atw hanya kebetulan sja? terimakasih sebelumx!! :)

  88. Ari Asyari says :

    setiap musim hujan tiba maka badan saya terasa gatal ditandai bintik-bintik merah

  89. udi says :

    assalammualaikum..
    Kurang lebih 1th saya pernah mengalami gatal2 dgn ciri mirip kaligata..bentol gede2 merah dsekujur tubuh bahkan sampe kemuka..kemudian saya periksakan ke dokter, katanya saya alergi, mank sih klo kedinginan atw abis mandi si gatel ini lgsng menjadi2 huhh..saya rutin minum cerini yg dberi dokter tp cuman tahan 3hari aja abis itu muncul lg..minum bersih darah g ngaruh..
    alhamdulillah setelah menikah beberapa bulan gatalnya ga pernah kambuh lg smpe sekarang :D
    hanya untk berbagi.smoga brmanfaat..

  90. ahmad syaifudin says :

    Kalau gatal bukan alergi coba saja mandi dengan air hangat pakai sabun antisptik atau sabun anti kuman + Dettol (i tutup dettol + 1/2 gayung air)
    caranya :
    1. Guyur seluruh tubuh dengan air hangat lalu bersihkan dengan sabun
    antiseptik atau anti kuman digosok sampai sebersih-bersihnya sesekali dikasih campuran air Dettol, terus digosok sampai kulit keset sampai dakinya hilang, kasih sabun lagi dan campuran air dettol, ingat! ini mandiya mandi khusus sedikit lama dari pada mandi biasa
    2. Bila gatal jangan digaruk tapi lakukan seperti diatas
    3. jaga kebersihan terutama potong kuku agar kuman tidak mengumpul dikuku yang akan menyebar ketempat lain ketika digaruk
    4. badan sehat

  91. ria ratuela punusingon says :

    ksi tau donk cra mngtsi gtal?
    mksi

  92. kuku says :

    aku pernah gatal-gatal pada sela jari mengeluarkan bintik air kecil-kecil,gatalnya bukan main,klo pecah dan kering seperti kapalan kulit jadi stlh bintik air mengering.
    Lalu aku ke shinse obat cina dikasih salep kulit bwt gatal2..Alhamdulliah sembuh,nama obatnya lupa tp biasanya shinsenya tahu ko…ada yg mahal 25k sampe 45k.

  93. Vadli Zip says :

    terima kasih yak infonya ;)

  94. rahim says :

    gmna carax ngobatin peyakit gatal” kalau penyakit i2 emng’k bwaan dari mulai lahir smpai sakrng.,
    tlng don’k ksi solusinya.,
    !???…..,

  95. ronie says :

    Hmmm,, boleh dicoba nih, udah sebulan lebih pantat saya gateL gk tahannnn..
    Berawal dari adik saya sepulang ospek direndam dilumpur gk ganti” celana selama 2hari kemudian timbul bintik” dan sangat gatal, kemudian ke semua keluarga, menularnya dari pakaian adik saya yang dicuci bareng,, jadi kena semua deh,,

  96. yalis says :

    saya terkena gatal2 dijari2 tangan tapi saya heran karena penyakit gatal2 ini ga pernah saya alami klu di daerahku tapi semenjak aku ada didaerah arab gatal2 itu ga pernah ilang di obatin tetap aja gatal malah sekarang tumbuh lagi gatal2 baru di bagian betis’paha’lengan’dan perut

  97. Iwan says :

    Pa gimana cara mengobati wajah saya yg terinfeksi jamur yg gatal basah panas dan berbau gak enak mohon solusi obatnya dok.

  98. libra says :

    . Apa Obat tradisionalnya gatal gatal yang disebabkan oleh pengaruh jamur?

  99. nasution says :

    mohon penjelasan orang tua saya ada penyakit gatal2 di sdekitar lipatan paha seperti gatal2 pada baiy di lipatan slangkangan merah saja tapi kalau kumat gatalnya digaruk sampai berdarah penyakit ini udah berumur 30 th tlong apa obatnya karena semua obat gatal dn dr sepesialis udah sampai ke orang pintar udah di coba ada kurang tapi kembalilagi mohon tips nya apa obatnya. terima kasih “nasution “

  100. Bungai says :

    Sdah hampir 5 bulan lebiH PEnyakit gatal ku gak hlang2. . . Ak gak tau ap penyebAb ny. . AkbAt dgaruk scra trUS MEnerus . Kulit ku menjadi bentol2. Lalu menimbul kn nanah rasa gatal ny pun gak hlang2. Ampe skrang. TloNg doNK Siapa ni yg tau obt ny. .!!

  101. ifat says :

    aku saat ini jg lg mengalami gatal yng awalnya bintik2 yg berisi air lalu gatalnya bukan main sekarang aku lg coba mandi sama rendaman air sirih yg di masak sampai mendidih ,tp hasilnya blm kelihatan udah pakai berbagai macam salep tp belum jg sembuh bahkan seluruh keluarga sya jg kena gatal2 yg sama,tolong sodara2ku semua ,mungkin ada yang punya solusinya,

  102. firman says :

    tau nga merek salep buat obat gatal ?

  103. Dea G'jillS (@deazavhina) says :

    saya sich,6atel2 aler6i debu,jan6an meremehkan hal kecil ya all,air y6 tidak steril pun dapat menjadi awal penyebab,6atal2 y6 akan menjadi lebih parah..
    maka dari itu..
    ja6alah kebersihan,hindari tempat2 y6 bnyk kuman n bakteri….
    kebanyakan oran62 desa i2 mremehkan hal itu,sehin66a oran6 lain pun tertular bakteri y6 ada di badan nya….

  104. roika sitio says :

    saya sudah lama sering mnderita gatal2 pada kulit terutama sekujur kaki dan tangan. Rasa gatal itu terus membuat tangan melakukan penggarukan bahkan bisa sampai gak disadari. penggarukan memang tidak menimbulkan bekas kecuali digaruk sangat kuat.
    kira-kira penyebabnya apa ya? apa ada hubungannya dengan kondisi darah yang bermasalah??
    saya rasa ini bukan alergi,, pada cuaca panas atau dingin rasa gatalnya tetap sama.
    mohon bantuannya,. Thx

  105. seno says :

    Salam kenal saya seno……
    di musim hujan tahun 2012 ini saat saya guyur-guyur, tiba-tiba saya merasa gatal hingga seluruh tubu saya gatal… saya sudah ganti baju, mandi pakai sabun, mandi air hangat namun g ada pengaruhnnya…. memang awalnya hanya gatal kecil.

  106. ipong says :

    mkasih infrmasinya. stlh sy bc kseluruhn mngkn hmpr sm kondisi saya : kulitku gatal smua, smpe2 kulit agak menebal berbentol, kdg keadanya gatal tk tertahankan, pd bag : kaki dkt matakaki, p’gelangan tangan, kemaluan. obat yg bs dmakan yg manjur utk gatalku apa?

  107. erma says :

    anak say menderita gatal 2 sejak kecil sampai sekarang udah usia 15 th, jika cuaca hujan, atau digigit nyamuk atau makan telor pasti muncul benjolan kmd menjadi bernanah. di tangan dan kaki ..sampai sekarang bekas hitam2 gak bisa hilang..dan kadang muncul lagi gatl22 tsb… giman cara ngatasi udah berbagai obat …dan kemarin disarankan untuk periksa darah ke hematologi… lalu fungsinya untuk apa dengan kondisi kulit anak saya tsb..?

  108. ico says :

    suami aq punya sakit gata-gatal , sudah sangat lama hampir 8 tahun. berbagai cara sudah dicoba, mulai dari ke dokter sampe ke dukun.dari obat modern sampe tradisional tak lupa pula do’a-do’a. gatalnya di lokasi punggung kaki kanan dan kiri juga sedikit di siku kanan, tapi yang paling parah di punggung kaki sebelah kiri.cri-ciri lukanya melebar, agak kering dan mengeras, apbila sudah keras dan kaku maka akan pecah jika dipakai bergerak kakinya, dan dari luka yang pecah akan muncul airnya.kami selalu berusaha untuk mendapat kesembuhan,,karena saya yakin semua penyakit ada obatnya kecuali pikun dan kematian.semoga suamiku cepat sembuh. amiin.amiin.amiin

  109. Ryanto yanto says :

    saya sudah menderita penyakit gatal sudah ada 3 minggu, sudah juga di periksakan ke dokter tapi belom juga sembuh, rasa gatal yg sy derita ko semakin lama semakin bayak, cara obap yg manjur i2 seperti apa?

  110. fajar says :

    Saudara2’q tolong dong bantuin aq ,,,
    Aq ini udah kena gatal2 sjak dua bulan lalu , smpai skarang gtal2x gak berkurang malah bertambah banyakk ,,,,
    Padahal sy udah mndi pake sabun detol , bedak purol ,herocin , salycil , tp gak ad perubahan ,

    Bwat saudara2q yg taw gimana crax ,,, tolong langsung d’posting ajha yahhhh

  111. rangga gilang says :

    ya allah . . . kpan bisa smbuh ni.
    udah 7 bulan lebih aq gatel2. gatel di perut, dipaha diselankangan, dipunggung kaki, dikemaluan, disela2 jari juga . . .
    tolonggg obat apa sih yg bisa jadi perantara allah untuk nyembuhin saya.

  112. Budi Igor says :

    saya mau tanya,tentang penyakit saya,badan saya dan istri sya juga suka gatal2,malahan smp ke PENIS smp ad benjol2 gt d PENIS sya tp tdk bernanah,kl istri sya badan nya sja yg gatal2,tp bila sw rskan kl malam gatal itu terasa,sya takut knp2 dng penyakit gatal sya apa lg smp ke PENIS ad benjol2 nya jg,sy mohon bantuan nya mungkn ad resep obat yg cocok buat sya dan istri,dan kra2 jenis penyakit seperti apa sya ini,makasih….

  113. Ina says :

    Dear.. Saya menderita gatal kurang lebih 5 bulanan pertama gatal di pantat dan saya pikir terkena kurap karena bentuknya menyerupai kurap akhirnya saya obati dengan salep dan obat kurap tapi ga kunjung sembuh sampai akhirnya lipatan paha juga gatal tak terhingga kondisinya selalu lembab aga berlendir dan sekarang seliruh kaki dan tangan juga gatal tanpa tau penyebabnya dan tidak ada tanda apapun seperti bentol or penyakit kulit lainnya pokonya gatal dari dalam deh…mohon infonya apa yg harus saya lakukan dan obatnya apa..terimakasih

  114. ace supriadi says :

    aku ingin bertanya?bagai mana pencegahan gatal yg ada pada pinggir kelamin?dan apa penyebab nya.terima kasih mohon jawaban nya.

  115. ace supriadi says :

    Kpenyebab apa kh gatal pada pinggiran kelamin?dan bagai mana cara mengatasi nya???

    • arin rositawati says :

      Saya cepat sembuh gatal saya dengan jeruk keprok atau jeruk manis 1 kg diperas kalau kurang manis tambah gula. 2 hari bisa sembuh, susu juga diperlukan untuk menambah kalsium.

  116. syntia tri lestari says :

    dear aku gatel2 terus udh 5 hari awal nya di perut tapi karna gatel aku garuk malah ke pungung tangan kaki dan paha leher , muka pun juga sudah de beri obat alergi tapi blm juga ke dokter kata nya alergi juga di kasih bedak ….. tapi gk juga sembbuh ………. :(

  117. maria says :

    Mau nanya ni, jd gmn cara penanganan untuk gatal2 pada kulit akibat faktor keturunan??? Terima kasih

  118. joni jatnika says :

    Saya sudah 2 bulan gatal-gatal tapi ga sembuh-sembuh, mohon petunjuk nya.

    • arin rositawati says :

      coba dengan jeruk manis atau jeruk keprok 1 kg dengan diperas kalu kurang manis tambah gula. susu juga perlu untuk menambah kalsium. Sekarang gatal saya cepat sembuh.

  119. Sho Fuuichi says :

    maaf mau menanyakan.
    awalnya di dekat mata kaki saya terdapat benjol berisi air yang tidak sengaja saya pecahkan lalu membuat bekas lubang kecil. bekas lubang itu ternyata tidak hllang tapi malah melebar dan terus mengeluarkan air/berair dan gatal. selain itu, semakin bertambah lubang berair di kaki saya dan terus melebar. lubang ini terasa gatal dan berasa sakit cenut2. untuk penyembuhan dan penanggulangannya, bagaimana dok?
    mohon penjelasannya

  120. wildan kholidul firdaus says :

    saya mengalami gatal pada daerah penis dan sekitar, disertai bentol2 sperti dgigit nyamuk, mohon solusinya!! sangat mengganggu saat sholat

  121. toya gesang says :

    gataaaall….gak tahan nih.. :(

  122. arin rositawati says :

    Saya sampai sekarang juga masih mengalami gatal, kalau badan lagi drop gatal saya kambuh. Muka saya jadi tebal, kaki juga tebal rasanya tidak enak. Akhirnya saya menemukan cara yang cepat menyembuhkan gatal yaitu dengan jeruk manis atau jeruk keprok. 1 kg bisa saya habiskan dengan diperas kalau kurang manis dikasih gula. 2 hari langsung sembuh. Dan susu untuk menambah kalsium juga perlu.

    • bebekwekwek says :

      makasih imponya yg sangat baik moga kebaikan anda di bls Tuhan YME Amin

    • rahman says :

      to arin : jeruknya itu di peras untuk di minum atau di peraskan ke tempat yang gatal. . . ?
      thanks. ..

      • rahman says :

        obat yang paling ampuuuhhhh apa. . . ?

      • rahman says :

        help me. . . saya sudah menderita selama 1 bulan. . .
        apa obat yang pas buat gatal2 saya. . . ?

      • arin rositawati says :

        diminum perasan jeruknya. disamping itu juga diberi obat tambahan misalnya kalau saya seperti habbatussauda yang dicampur mengkudu atau yang lainnya. Karena kemungkinan dalam tubuh kita ada yang tidak beres, sehingga obat itu perlu untuk mengantisipasi penyakit dalam tersebut yang belum kita ketahui. Juga kadang-kadang aku minum air kelapa selain air jeruk tersebut untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh kita

  123. riansa says :

    q coba dehhhh……..

  124. rahman says :

    Assalamu alaikum WR.WB. . .
    saya sudah menderita gatal2 selama 1 bulan,,,gatal2 saya di bagian selangkangan,paha,perut,,bahkan di kelamin,,,di kelamin yang semakin di garuk,makin enak,,bahkan di kelamin terdapat bentolan2 kkecil,,saya sudah coba mandi air panas,air laut,pake sabun asepso,bedak herosinn,di kasih minyak gosok,,,tapi tak kunjung sembuh juaa,,,,

    pertanyaanq : gatal2 tipe apa yang saya derita. . .?
    truuuuzzz cara mengobatinya bagaimana. . . ?
    thanksss. . . .

  125. rahman says :

    Assalamu alaikum WR.WB. . .
    saya sudah sebulan menderita gatal2,,,
    di bagian tangan,paha,selangkangan,perut,bahkan di kelamin saya terdapat bentolan2 kecil awalnya siihh sudah mulai hilang,,,tapi muncul kembali,,yang semkin di garuk makin enak,,,
    gatal2 yang saya derita termsuk gatal2 akibat apa.. . ?
    truuzzz cara penyembuhannya bagaimana. .. .?monon bantuannya saudara/iQ
    thankssss

  126. idah says :

    saya udah 2 bulan lebih menderita gatal-gatal disekitar selangkangan, dan semakin menyebar akibat saya garuk. gatalnya tak tertahankan. sekarang malah menyebar ke kelamin dan di sekitar luka tersebut keluar cairan bening n sering nyut2. sy udh brikn bdk salicyl n minyak gosok juga tapi ngk pengaruh. tolong sarannya Dok!!!

  127. YOGA ogoy says :

    mau tanya nih dok.
    Saya punya alergi gatal , tapi gatalnya ga tentu kadang malam kadang siang , bisa konsultasi 2 arah gak dok dgn saya? Kalau bisa saya mau konsultasi biar dapet obat yg cocok dan yg pastinya gak sering gatal2 lagi, masalahnya di kiri kanan bagian pinggang saya kayak ada bentol kecil2 gitu, gitu dulu dok.. Nanti kalo bisa bales ke email saya langsung aja dok biar bisa saya reply kembali..
    yogaseduction@ymail.com
    Terima kasih dok..

  128. nia says :

    kalau cara menghilangkan bintik hitam karna gatal, bagaimana yaa ???

  129. Desi Ratnasari (@dcyciel) says :

    di betis aku tiba2 gatal, terus muncul bentol2 dan sering aku garuk.. lama2 melebar dan warnanya jadi ungu gitu . terus suka keluar cairan bening gitu . kira2 di obatin apa yah ? nyiksa bgt gatel’y :(

  130. rezha sofyant syam (@rezha100189) says :

    assalam…konsult juga nih badan saya mulai gatel2 seperti gigitan nyamuk tp lama kelamaan seperti berair, kalau digaruk makin enak, tp setelah itu kering tp besoknya tumbuh lagi, asda juga yg menjadi bekas/ bintik item awalnya gak aq hirauin,tapi lama kelamaan badanq terlihat kotor karena bekas itu…mohon bantuannya…ini sangat mengganggu,,,aq sdh kedokter tp kata dikter hanya karena lembab,tp setelh pake saleb yang diresepkan lama2 muncul lagi…tolong infinya di email saya rezha89sofyant@gmail.com…thank you sodara/riq…wassalam

    • Rina says :

      Sdh 1 bln ini badanku gatal2 seperti ditusuk jarum ,tidak ada bentol2nya,pindah2 rasa gatalnya,obat alergi sdh aku minum semua,kalau minum tidak gatal,tp lepas obat gatal lg,kan juga tidak boleh mengkonsumsi obat alergi terlalu lama,gatal kadang di telapak kaki,muka,punggung,perut,gatal selalu pindah2,tolong dok kenapa dengan saya,dan obat apa yang harus saya minum

  131. Berita dan Tips Kesehatan says :

    sebenarnya saya bukan penderita kulit gatal tapi saya mengalami kulit kering sehingga kulit saya seperti mengelupas dibagian tangan dan kaki,,tapi postingan ini sangat bermanfaat,tetap produktif dan memberikan yang terbaik,thanks

  132. Henry L says :

    ciri” :
    gatal di tangan kaki paha.

    kalo digaruk jadi merah, lama-lama jadi hitam. minta tips nya dong ngilangin gatal-gatalnya. dan tips buat ngilangin bekas luka nya juga

    kasih tau ya ke henry_hunter@ymail.com

  133. egy saputra says :

    kunsul ne.tolong di bantu…sy sudah sekitar 3 bulan mengalami gatal pada kelamin.sy seorang pria 24 thn.trus galau di garuk menyebabkan bengkak tapi tidak berair trus amat sangat gatal sampai gk bisa tidur.kalau melakukan hubungan seksual iya,tapi hanya satu orang dan bukan PSK…solusinya apa yah.tolong di bantu

  134. Yoga Pranata says :

    Kakak nama saya yoga pranata, umur 19 tahun, saya terkena cacar api udah sekitar 1,5 bulan yang lalu, tapi hingga sekarang tidak kunjung sembuh, tetapi sudah mulai kering luka” yang bekas di garuknya, apa kondisi saya sa’at ini cocok tidak untuk berendam di air belerang, mohon penjelasannya kakak..
    Terima kasih ^^

  135. Lisa says :

    Dok,law yang di garuk skali aja lngsung terlihat daging putih.tu apa ya

  136. Hendra says :

    Sahabat – sahabat yang budiman, mohon untuk masukannya terkait gatal-gatal diseluruh badan, saya bingung dengan penyakit yang dialami oleh bapak saya. Usia bapak saya sekarang sudah 75 tahun…sudah hampir 4 tahun bapak saya mengalami gatal-gatal diseluruh tubuhnya. Sudah berobat ke dokter, cek darah tapi dibilang normal, hanya dikasih obat anti jamur berupa pil dan salep..tetapi sampai saat ini tetap saja gatal. Dan akhir-akhir ini gatalnya semakin parah. Kadang bapak saya harus menghangatkan badannya di dekat api unggun untuk bisa meredakan gatalnya karena sudah tidak mempan lagi dengan menggaruknya. Setelah dihangatkan dengan api, gatalnya bisa berhenti sebentar tapi lagi sebentar kumat lagi..Gatal – gatal yang ada di badan bapak saya kelihatanya agak hitam jadinya. Dari ujung kaki samapi kepalanya terasa gatal…Mohon kiranya untuk infonya, kira-kira gatal karena apa yang dialami bapak saya ini???mohon maaf telah merepotkan dan terima kasih sebelumnya….

  137. Tanti says :

    saya gatel2 diperut ini, tapi ga berbentol ma ruam merah hanya kok perut agak buncit ya, apa itu gatal karena darah, makanan atau cuaca kalau malam panas sekali, sya menghindari menggaruk karena takut lecet atau luka, tolong infokan obat yang cocok donk, karena sudah saya kasih bedak ca****din tapi tetap saya gatal….tolong infokan obatnya di email janitraseptanti@yahoo.com, makasih.

  138. hermansyah says :

    saya mengalami gatal dan bintik” merah pda kaki,tapi timbul nya hanya bla sakit dan itu hanya terjadi pada kaki saya

  139. septian herman says :

    saya mau konsul jga,,,,
    asslam, badan saya gatal – gatal seperti ada kutu yang berjalan, setelah saya baca di atas katanya penyebab gatal tersebut adalah parasit, terus obat apa yang paling tepat saudra-i sekalian mohon infonya. gatalnya itu bkan di tubuh yang lain tpi di sekitar kelamin di ats lipaytan paha saya. rsanya gatal sekali seperti ada yang berjalan saya sdah minum obat ctm dan di ksi salep gatal, tpi gag da efeknya sama sekali… mohon infonya kirim ke account saya : septian.herman@ymail.com

  140. ale says :

    Saya gatal2 kaki dan tangan saja rasanya aneh digaruk pun makin menjadi tapi tidak menimbulkan infeksi atau luka yang ada hanya merah saja klo digaruk ini solusinya seperti apa ya?

  141. simbig says :

    AKu juga nih gatal2, awalnya sih di leher trus pas mandi gatal di area pinggang dekat paha, pas habis mandi aku lihat area paha yang ku garut malah muncul bintik2 merah banyak banget.. seram banget..

    dulu pernah ngalamin di area lengan trus sembuh setelah ku olesi freshcare haha

    itu kenapa sih dok?
    obatnya apa yah?

  142. jelo says :

    Saya mengalami gatal2 pda alat kelamin sya sudah hampir seminggu lebih, gatal2 itu bentuk.a merah kcil tdk dlm bentuk bisul, tpi bercak merah kcil, gatalnya sampai menimbulkan luka, tdk digaruk sieh, ketika klu kencing tdk sakit. Ada jga pada paha, badan & tangan cmn tidak terlalu, sering2 ajah gatal.a. Pad alat kelamin ini, Klu knal air ktika luka.a terkupas sring perih. Kira2 penyakit gatal2 ini dlm kategori spt apa yah ?? Mhon petunjuk, cz sngat menghawatirkan skali…

  143. Arin rositawati says :

    gatal dapat terjadi apabila daya tahan tubuh kita kurang kuat oleh karena itu dapat memperkuatnya dengan jeruk keprok diperas bisa dikasih gula minimal 1kg, juga dengan madu. Itu pengalaman saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: